Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Credit Card? Why Not?

15
pic by commercialcreditcards.org

Di zaman modern seperti sekarang ini, keberadaan kartu kredit menjadi sesuatu yang lazim digunakan untuk memudahkan transaksi. Asalkan kita bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak. Biar bagaimanapun kartu kredit bukanlah ‘uang kita’. Bank penyedia kartu kredit hanya memberikan kemudahan pembayaran dengan jangka waktu. Dan kita mempunyai kewajiban untuk membayarnya sesuai jangka waktu kalau tidak ingin mendapat sangsi.

Bagi anda yang bermaksud memiliki kartu kredit untuk kemudahan transaksi dan belanja, ada beberapa hal yang perlu Sobat Jakarta  pahami dan pertimbangkan dalam memilih kartu kredit yaitu:

  1. Pahami keuntungan yang ditawarkan dari produk yang ditawarkan, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengingat banyaknya fasilitas kartu kredit yang memberikan promo berupa potongan harga untuk menikmati beragam hiburan. Mulai dari menonton film, santap kuliner, atau liburan ke berbagai tempat di Indonesia atau luar negeri.
  1. Perhatikan limit atau batas kredit Anda, gunakan sesuai dengan kemampuan Anda membayar tagihan. Jangan memalsukan jumlah gaji atau pemasukan anda demi untuk mendapatkan limit kartu kredit yang besar, karena itu hanya akan menimbulkan masalah baru untuk anda. Ingat kartu kredit bukan uang anda. Jangan buat penghasilan anda habis untuk mencicil tagihan kartu kredit. Idealnya cicilan hutang tidak boleh melebihi dari 30 % dari penghasilan total anda.
  1. Ubah transaksi menjadi cicilan dengan bunga ringan, jika terdapat transaksi bernilai besar. Biasanya bank penyedia kartu kredit menyediakan fasilitas cicilan bunga ringan atau bahkan tanpa bunga untuk jangka waktu tertentu. Gunakan fasilitas ini jika diperlukan.
  1. Manfaatkan penarikan tunai dengan bunga kompetitif, jika kebutuhan uang tunai tak terhindarkan. Gunakan fasilitas ‘cash advance’ kalau terpaksa saja. Karena bunganya bisa mencekik leher. Atau kalau tidak tawarkan teman anda untuk membeli sesuatu dengan kartu kredit anda (tentu saja membelinya bersama anda). Nah, teman anda membayar cash kepada anda. Jadi anda tidak perlu membayar bunga cash advance.
  1. Pastikan Anda membayar tagihan sebelum tanggal jatuh temponya, agar reputasi Anda terjaga. Ingat baik-baik tanggal jatuh temponya. Bayar segera setelah anda gajian agar tidak lupa. Dan jangan pernah membayar kurang dari 10 % minimum payment. Saran saya, kalau anda ingin tagihan anda cepat lunas. Bayar paling tidak 30 % dari jumlah tagihan anda.
  1. Pastikan kartu selalu di tangan Anda, dan amankan data pribadi dari pihak yang tak berkepentingan. Sekalipun itu pacarmu…

Jadi apakah Sobat Jakarta sudah menentukan pilihan untuk kartu kredit ? (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: