Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hari Pers Nasional dan Independensi Pers

248

Peringatan Hari Pers Nasional ke-27 yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2012, merupakan momentum tepat untuk mengembalikan independensi pers.

Di tengah industrialisasi pers saat ini, sejumlah media massa cenderung bias dalam memberitakan, karena beberapa media bertindak seolah-olah hanya  menyuarakan kepentingan pemilik. Maraknya tayangan sadisme, kekerasan, dan pornografi yang diumbar tanpa saringan dan penjelasan yang memadai menjadi komoditi yang lumrah di media. Komisi Penyiaran Indonesia sebagai institusi negara harus mengawasi praktik penyimpangan semacam itu melalui pemberdayaan UU Penyiaran.

Pers seharusnya menjadi pilar demokrasi tanpa mencederai nilai-nilai demokrasi itu sendiri dengan tetap bersikap obyektif, non diskriminatif dan informative. Sebab pers berperan sebagai alat kontrol sosial yang sangat ampuh.

Melalui peringatan Hari Pers Nasional ke-27 ini diharapkan  wartawan dapat menjaga profesionalisme jurnalistiknya. Tentu saja profesionalisme wartawan harus didukung oleh perusahaan media yang memperhatikan kesejahteraan wartawannya. (Risma).


Interested in writing for Jakartakita.com? We are looking for information and opinions from experts in a variety of fields or others with appropriate writing skills.
The content must be original on the following topics: lifestyle (beauty, fashion, food), entertainment, science & technology, health, parenting, social media, and sports.
Send your piece to redaksi@jakartakita.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: