03:36 am - Thursday 18 September 2014
Advertisement

10 Kisah Cinta Paling Romantis Sepanjang Masa

By risma - Tue Feb 14, 7:44 pm

Jakartakita.com: Sepanjang sejarah, kita mengenal beberapa pasangan yang menjadi simbol pasangan romantis sepanjang masa. Kisah cinta sejati mereka yang tidak selalu berjalan mulus bahkan banyak yang berakhir tragis menjadi bukti bahwa cinta penuh pengorbanan.

  1. Antonius & Cleopatra

Kisah cinta paling tragis dalam sejarah dialami Cleopatra dan Mark Antony. Mereka bertemu pada tahun 41 sebelum masehi di era Romawi. Cleopatra yang merupakan ratu Mesir, menggoda panglima perang Romawi itu ke dalam romansa percintaan, serta politik yang rumit.

Hubungan itu menjadi tragis saat Octavian berhasil meyakinkan Senat Romawi bahwa Antony haus kekuasaan dan telah gelap mata karena diguna-guna oleh Cleopatra. Kedua pasangan itu menjadi musuh Romawi dan terjadi perang hebat. Kedua kekasih itu akhirnya memilih bunuh diri, daripada ditangkap oleh musuh.

  1. Romeo & Juliet

Tragedi kisah cinta William Shakespeare ini adalah salah satu drama paling populer di sastra Inggris. Bercerita tentang perseteruan dua keluarga yang menyebabkan dua anak manusia patah hati dan memilih mati daripada dipisahkan. Percintaan remaja ini masih terus diadaptasi ke layar lebar, panggung, dan opera.

  1. Laila & Majnun

Kisah dua anak manusia yang cintanya tidak disetujui orangtua mereka. Layla akhirnya menikah dengan pria lain, akibatnya Majnum pergi ke gurun pasir dan menjadi gila sampai akhirnya meninggal dunia. Layla sendiri kemudian meninggal akibat sakit.

  1. Mumtaz Mahal & Shah Jahan

Siapa yang tidak mengenal keindahan Taj Mahal yang merupakan salah satu keajaiban dunia. Tapi apakah Anda tahu jika Taj Mahal itu merupakan deklarasi cinta? Adalah Shah Jahan yang membangun Taj Mahal pada abad 17 sebagai tempat peristirahatan terakhir istrinya tercinta.

Mumtaz Mahal atau permata istana merupakan istri ketiga dari Shah Jahan sekaligus istri kesayangannya. Sang Raja sangat berduka ketika istrinya itu meninggal saat melahirkan.

Sejak kematian itu, raja segera membangun Taj Mahal. Perlu waktu 23 tahun untuk menyelesaikannya. Keduanya pada akhirnya bisa bersatu di Taj Mahal saat Shah Jahan meninggal pada 1666.

  1. Sampek & Engtay

Muncul pada Dinasti Jin 1600 tahun yang lalu, Legenda Liang Zhu mengisahkan perjalanan kehidupan seorang gadis cantik yang pandai dan berkemauan keras untuk maju: Untuk mengejar studinya di Hangzhou, Zhu Yingtai (Engtai) menyamar sebagai seorang laki-laki. Setelah belajar selama tiga tahun bersama dengan teman sekolahnya Liang Shanbo, Zhu Yingtai jatuh cinta padanya.

Sebelum Berpisah, Zhu Yingtai memberi isyarat cinta lagi untuk Liang Shanbo (Sampek) yang gagal memahaminya saat itu. Kemudian, Saat Shanbo kemudian memahami perasaan Yingtai padanya, ia datang ke keluarga Yingtai untuk melamarnya. Sayangnya, Zhu Yingtai telah dipertunangkan oleh ayahnya dengan pria lain yang jauh lebih kaya, dan lamaran Shanbo ditolak mentah-mentah meskipun Yingtai sudah memohon kepada ayahnya agar ia diperkenankan menikah dengan pujaan hatinya. Yingtai tidak mencintai pria pilihan ayahnya.

Liang Shanbo begitu sedih sehingga jatuh sakit dan meninggal. Zhu Yingtai menuju makam Shanbo pada hari pernikahannya. Pada saat ia mengadakan upacara peringatan, langit yang tadinya cerah mendadak mendung, hujan dan petir menggelegar, makam terbelah dan Yingtai masuk kedalamnya. Tak lama kemudian, keduanya berubah menjadi sepasang kupu-kupu warna-warni yang mengepakkan sayapnya ke langit yang berpelangi setelah hujan reda.

  1. Salim & Anarkali

Pangeran Salim merupakan anak dari seorang kaisar Akbar (kaisar dari The Great Mughal) dan istrinya Mariam-uz-Zamani. Pangeran Salim dikenal sangat amburadul dan tidak sopan yang jatuh cinta pada seorang pelayan istana bernama Anarkali. Mereka berdua saling jatuh cinta, namun hal tersebut tidak direstui oleh ayahnya yang menganggap Anarkali sebagai wanita penggoda. Ayahnya kemudian mencari segala jalan untuk memisahkan anaknya dari Anarkali. Sang ayah kemudian mengirim pangeran Salim untuk sebuah tugas, dan ketika itu juga Anarkali dikuburkan hidup-hidup di tembok batu. Cerita ini membuat setiap pasangan menitikkan air mata ketika mendengarkannya.

  1. Pyramus & Thisbe

Ini adalah kisah cinta yang populer dari Babilonia. Kisah cinta ini dimulai pada tahun 331 SM. Pyramus adalah pria tampan yang merupakan teman kecil dari Thisbe. Mereka hidup di lingkungan yang sama dan cinta tumbuh di antara mereka. Namun ini ditentang oleh orang tua mereka. Mereka kemudian memutuskan untuk kabur dan bertemu di dekat sebuah pohon. Thisbe yang datang terlebih dahulu melihat seekor singa yang mulutnya berlumuran darah. Thisbe ketakutan dan lari. Ketika berlari ia menjatuhkan kerudungnya sehingga diambil oleh singa itu. Ketika itu Pyramus tiba dan melihat kerudung Thisbe di mulut singa itu (yang berlumuran darah). Dalam kesedihan yang mendalam, Pyramus kemudian bunuh diri dengan pedang di tangannya. Thisbe yang tidak dapat hidup tanpa Pyramus, kemudian bunuh diri dengan pedang yang sama.

  1. Prince Edward & Wallis Simpson

Demi cintanya pada Wallis Simpson, Pangeran Edward rela mengorbankan kekayaan dan tahtanya. Pangeran Inggris ini terlanjur jatuh cinta pada Wallis Simpson yang berkebangsaan Amerika dan sudah bersuami. Wallis Simpson akhirnya menceraikan suaminya dan memulai hidup barunya dengan Pangeran Edward.

Pangeran Edward akhirnya meninggal pada tanggal 28 Mei 1972. Wallis kemudian menyendiri dan akhirnya meninggal 14 tahun kemudian pada tanggal 24 April 1986.

  1. Tristan & Isolde

Isolde adalah anak perempuan dari Raja Irlandia. Ia kemudian bertunangan dengan raja Mark dari Cornwall, namun sebenarnya ia jatuh cinta dengan Tristan yang merupakan kemenakan dari raja Mark. Perselingkuhan mereka bahkan berlanjut saat Isolde menikah dengan raja Mark. Akhirnya perselingkuhan ini diketahui oleh raja Mark, namun karena saking cintanya sang raja pada istrinya, ia memaafkan istrinya. Akan tetapi sang raja mengusir kemenakannya itu dari Cornwall. Tristan akhirnya pergi ke Britanny dan tertarik dengan Iseult karena namanya mirip dengan Isolde. Mereka menikah, namun Tristan tidak dapat melupakan Isolde. Ini membuatnya jatuh sakit dan menulis surat pada Isolde dan berharap Isolde dapat mengobati luka hatinya ini. Apabila Isolde setuju ingin datang dan menemui Tristan, maka ia harus menaiki kapal berwarna putih. Apabila tidak, kapal harus berwarna hitam. Isolde yang tidak ingin berpisah dengan Tristan, berbohong pada Tristan dengan mengatakan bahwa ia melihat kapal hitam. Tristan akhirnya meniggal dalam kesedihan sebelum Isolde

  1. Juan & Evita Peron

Juan dan Evita Peron adalah pasangan Argentina sekitar tahun 1940an. Evita sendiri merupakan istri kedua Juan yang adalah presiden Argentina. Evita menjadi ibu negara dari tahun 1946 sampai ia meninggal tahun 1952. Dan Juan Dominggo jatuh cinta pada Evita muda yang seorang artis dan menikahinya. Peran politik keduanya sangat berpengaruh sehingga dapat mengubah wajah Argentina, bahkan mereka dijuluki pasangan politik terbaik di era itu. Evita sendiri akhirnya meninggal akibat kanker.

(Risma/berbagai sumber)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


3 + 6 =

risma