Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Plastic Heaven: Beragam Definisi Cinta

44

Jakartakita.com: Ketika Anda disodori pertanyaan, “Apakah definisi cinta?”

Anda pasti sudah menyiapkan jawaban masing-masing yang sungguh mewakili pengalaman pribadi Anda tentang cinta. Tentang cinta yang butuh pengorbanan, cinta buta yang mampu membuat orang kehilangan logika, cinta yang biar pahit tetap dijalani, dan masih banyak lagi definisi tentang cinta.

Di buku kumpulan cerpen setebal 227 halaman ini, Hilbram Dunar sang presenter TV yang juga penyiar radio di 97.5 FM Motion Radio ini mencoba memaparkan berbagai definisi cinta dalam 51 cerita pendek. Hilbram seakan ingin membiarkan pembacanya untuk memilih definisi cintanya sendiri.

Kisah tentang perselingkuhan dan cinta segitiga digambarkan dengan sangat menarik oleh Hilbram pada cerpen ‘Pulang ke mana?’ Hilbram memaparkan pergulatan hati seorang lelaki yang ragu untuk pergi menemui sang model cantik selingkuhannya di sebuah apartemen atau kembali pulang ke rumah untuk bertemu dengan bibir mungil yang tersenyum pulang saat melihat sang papa datang.

‘Cinta yang tidak dibuat dari janji, tapi dibuat dari hati. Cinta yang tidak pernah dikenalkan pada awal, agar tidak mencari akhir. Cinta yang belajar pada Bulan dan Matahari, bahwa walau tidak pernah benar-benar bersama tapi akan selalu setia.’ Petikan kata-kata itu membius pembaca dalam cerpen ‘Malam Pertama’.

Hilbram menganalogikan hubungan backstreet seperti ‘Celana Dalam’. Sebagai suatu bentuk hubungan yang intim dan nyaman namun tak bisa diumbar ke khalayak ramai. Dalam ‘Cinta Kadaluarsa’, Hilbram seakan ingin menyadarkan bahwa perpisahan dan perceraian bukanlah berarti cinta sudah kadaluarsa, namun karena cinta tidak lagi selaras dengan harapan.

Dan masih banyak lagi definisi cinta yang berusaha dipaparkan oleh Hilbram Dunar dalam kumpulan cerpennya. Hilbram berhasil merangkai setiap kisah cinta dalam bahasa yang ringan dan mudah ditangkap, mengalir begitu saja. Membuat pembaca terhanyut dalam jalan cerita dengan akhir yang tidak dapat dengan mudah ditebak. Hilbram seakan ingin membuka wawasan kita tentang definisi cinta yang tidak sempit. Cinta yang tidak melulu berakhir bahagia layaknya cerita antara Cinderella dan pangerannya. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: