Sehat Dengan Aneka Jus

Jakartakita.com: Jus adalah minuman sehat dan segar yang cocok dikonsumsi di berbagai suasana. Selain kaya akan serat, jus juga kaya akan vitamin, mineral dan zat gizi lainnya. Tentu saja jus ini akan berkhasiat bagi kesehatan bila diolah dengan benar. Penggunaan zat tambahan lainnya dalam segelas jus seperti gula ataupun soda dapat mengurangi khasiat dari jus.

Jus akan berkhasiat bila buah dan sayuran yang diolah masih segar, berkualitas baik dan sudah dicuci bersih. Jus harus segera dikonsumsi sesaat setelah diproses (blender).

Lalu buah dan sayur apa sajakah yang baik dikonsumsi sebagai jus? Apa sajakah khasiatnya? Berikut kami rangkum aneka jus buah beserta khasiatnya.

  1. Apel

An apple a day keeps doctor away. Ungkapan ini sangat tepat untuk menggambarkan manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh.Apel mengandung banyak sekali fitonutrien yang mampu menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jus apel juga akaya akan Vit. C.

  1. Tomat

Sama dengan apel, tomat juga mengandung fitonutrien (likopen & betakaroten), yang merupakan antioksidan kuat. Selain mengandung vitamin C sebagai booster daya tahan tubuh, tomat juga mengandung Vitamin E yang bagus untuk kulit. Buat Anda yang punya masalah dengan tekanan darah tinggi, jus tomat punya penangkalnya.

  1. Belimbing

Kandungan vitamin A, B1, dan C membuat belimbing mempunyai khasiat yang hampir sama dengan buah-buahan lainnya, seperti; anti kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol.

  1. Nanas

Jus nanas mengandung pektin, vitamin C, dan enzim bromelin yang berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar peredaran darah.

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu buah dengan kandungan vitamin A paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Selain itu juga merupakan sumber vitamin B, mineral, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur alami yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh.

  1. Jeruk

Ini adalah jus buah favorit, selain rasanya yang enak, harga murah juga karena khasiatnya yang luar biasa. Buah yang kaya akan vitamin C ini merupakan antioksidan, bagus untuk kulit, peredaran darah bahkan untuk tulang.

  1. Alpukat

Avokad termasuk buah yang istimewa karena mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Lemak yang dikandung avokad termasuk lemak tak jenuh sehingga mudah dicerna dan berguna bagi tubuh. Alpukat berkhasiat untuk  melembabkan kulit, mencegah anemia, menurunkan kolesterol darah. Jus ini cocok untuk diet.

  1. Pepaya

Pepaya termasuk buah yang cukup populer. Disamping harganya murah, pepaya mudah didapat dan rasanya manis. Dengan kandungan pektin yang tinggi serta vitamin C, karoten yang berfungsi sebagai antioksidan dan enzim papain.

  1. Stroberi

Buah dengan warna merah cantik ini mengandung elagik yang dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker. Kandungan kaliumnya dapat mengendalikan tekanan darah tinggi. Buah ini juga mengandung zat besi yang dapat memproduksi sel darah merah.

  1. Bayam

Jus bayam baik untuk menghilangkan berbagai gangguan pada tubuh dan merupakan sumber energi yang cepat terkumpul. Bayam mengandung mineral besi yang tinggi, karoten, klorofil, sumber vitamin C yang baik dan kalium. Bayam berkhasiat untuk mencegah kanker, mengurangi kolesterol, antidiabetes, tambah darah.

(Risma)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Sehat Dengan Aneka Jus”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Follow Us




Jakarta

Partly Cloudy
Humidity: 74
Wind: 14.48 km/h
29 °C
26 33
23 Dec 2014
25 32
24 Dec 2014

Xpresee

Jakarta Traffic Info – TMC Metro

Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin & Jl. Merdeka Barat https://t.co/1Ypbfg3jA4Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin…plus.google.comPemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin & Jl. Merdeka Barat Mulai 17 Desember 2014 Mulai Rabu 17 Desember 2014,… - TMC Polda Metro - Google+

Jangan jadikan jalanan yg sepi utk ajang balap liar, karena membahayakan diri sendiri & orang lain. http://t.co/TlwtKon7cMTMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) posted a photo on Twitterpic.twitter.comGet the whole picture - and other photos from TMC Polda Metro Jaya

04:20 Pria yg belum diketahui idenditasnya menjadi korban tabrak lari di KM 71 Tol Cikampek (arah Jkt), korban luka2 & msh penanganan Polri.

03:42 Imbas Proyek perbaikan jalan di KM 47, Tol Cikampek arah ke Jakarta lalin padat mulai dr KM 50. http://t.co/UyxjTq4kX1 @knightpironiTMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) posted a photo on Twitterpic.twitter.comGet the whole picture - and other photos from TMC Polda Metro Jaya