Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Diet? Siapa takut!

45

Jakartakita.com : Sobat Jakarta, masalah over weight sering menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi wanita. Terlepas dari sejumlah penyakit yang mengancam pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Berat badan yang ideal sangat menunjang kecantikan seorang wanita.

Makanya tak mengherankan bila wanita rela melakukan apa saja agar bisa langsing. Tak jarang cara-cara instan menjadi pilihan di saat terdesak walaupun cara-cara instan tersebut seringkali malah menjadi masalah baru di kemudian hari. Beberapa wanita tak segan merogoh kocek lebih dalam demi menghilangkan lemak membandel di tubuhnya.

Berikut adalah tips diet alami yang tidak menyakitkan, dan cocok diterapkan untuk siapa saja:

1. Awali dengan air putih

Air putih sangat membantu Anda menurunkan berat badan. Minum dua cangkir air putih sebelum makan akan membantu Anda menurunkan berat badan 2,2 kg lebih banyak daripada mereka yang tidak minum air sebelum makan. Penelitian dari Virginia Tech ini juga mengungkapkan, air bisa membuat Anda kenyang sehingga Anda cenderung mengurangi makanan hingga 75-90 kalori. Untuk memulai kebiasaan ini, cobalah minum air putih saat Anda masih menyiapkan makan atau menunggu pesanan Anda tiba di restoran.

2. Biasakan sarapan

Selain untuk stamina saat beraktivitas, mengurangi kantuk dan meningkatkan konsentrasi, sarapan juga berguna untuk mengurangi kadar kolesterol. Sarapan terbukti efektif untuk mengurangi keinginan mengemil sebelum makan siang, dan membantu Anda tidak ‘kesetanan’ saat makan siang. Berdasarkan penelitian The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, orang yang terbiasa sarapan cenderung memiliki lingkar pinggang 5 cm lebih kecil daripada mereka yang malas sarapan.

3. Hindari makan terlalu cepat

Otak dan perut bekerja sama untuk mengendalikan nafsu makan dan proses tersebut tidak terjadi secara instan. Dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit bagi perut untuk berkomunikasi dengan otak dan memberi tahu bahwa Anda sudah merasa kenyang.

Jika Anda makan terlalu cepat, kalori akan menumpuk sebelum tubuh memiliki kesempatan memberitahu otak bahwa Anda sudah merasa kenyang. Karena mengandalkan ketidaknyamanan di perut (kepuasan emosional) dan bukan dari sinyal otak, maka orang yang makan terlalu cepat akan mengonsumsi terlalu banyak kalori yang membuatnya berisiko menjadi gemuk dan obesitas (kegemukan).

4. Konsentrasi saat makan

Jangan makan sambil menonton TV. Anda akan sulit berkonsentrasi dengan makanan Anda. Akibatnya rasa kenyang sulit didapat.

5. Kurangi mengkonsumsi gorengan dan bergula.

Minyak untuk menggoreng mengandung lemak jenuh (lemak jahat), apalagi minyak telah dipakai menggoreng berkali-kali. Ganti makanan gorengan Anda dengan makanan yang direbus.  Hindari makan makanan dengan pemanis yang berlebihan.

6. Ganti cemilan Anda dengan buah.

Isi kulkas Anda dengan buah-buahan. Bila dorongan untuk mengemil begitu kuat, ambil buah-buahan kesukaan Anda sebagai penawarnya.

7. Kurangi karbohidrat.

Asupan karbohidrat tetap dibutuhkan meskipun Anda sedang diet. Kurangi porsi karbohidrat Anda (terutama nasi), perbanyak sayuran dan serat lainnya.

8. Biasakan minum teh.

Teh memiliki kandungan catechin, antioksidan di dalam teh yang mempercepat pembakaran kalori. Perempuan yang mengasup catechin dalam level tertinggi berat badannya cenderung akan berkurang selama 14 tahun, daripada mereka yang jarang minum teh. Menurut studi yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan catechin tertinggi ada pada teh hijau dan teh putih.

9. Hindari segera tidur setelah makan.

Makan mendekati jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika Lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

10. Berolahraga secara teratur.

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk berolahraga secara teratur. Anda bisa melakukannya dengan membiasakan menggunakan tangga daripada escalator bila Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja. Atau parkir saja kendaraan Anda agak jauh, agar Anda punya waktu untuk jalan kaki. Sesekali naik kendaraan umum juga boleh kalau Anda berniat membakar kalori Anda dengan berlari mengejar bis.

11. Menikmati hidup

Aturlah semua diet yang meliputi pengaturan pola makan dan olahraga sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan menjadikan diet Anda sesuatu yang menyenangkan maka akan semakin memperbesar keberhasilan diet .

12. Istirahat yang cukup

Hal yang terpenting. Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari, pernah ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur berlebih meningkatkan resiko kematian.

Demikianlah 12 Tips Diet, bagi Anda yang masih merasa bermasalah dengan berat badan, Selamat mencoba! (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: