06:17 am - Thursday 21 August 2014
Advertisement

Wisata Bahari Murah Ala Pulau Tidung

By risma - Fri Feb 24, 10:59 am

Jakartakita.com : Sobat Jakarta, bagi Anda pencinta wisata bahari tak perlu jauh-jauh ke Bali. Di utara Jakarta tepatnya di Kepulauan Seribu, Anda juga bisa menikmati pasir putih dan air biru yang jernih. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengeksplorasi keindahan alam bawah laut dengan melakukan kegiatan snorkeling atau diving.

Kalau Anda ingin merasakan sensasi wisata bahari tanpa perlu merogeh kocek dalam-dalam. Mungkin Anda perlu mencoba berwisata ke Pulau Tidung. Air laut yang biru kehijauan, ikan-ikan cantik yang bermain-main mengitari terumbu karak adalah sedikit dari pemandangan indah yang ditawarkan di salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu.

Untuk mencapai Pulau Tidung, Anda bisa menggunakan kapal dari Muara Angke, Jakarta, dengan waktu tempuh  hampir 3 jam dengan biaya hanya Rp 33.000 per orang, Jadwal kapal menuju Pulau Tidung sekitar pukul 07.00 WIB, jadi jangan sampai terlambat agar Anda tidak ditinggal. Selain menggunakan kapal yang dijadikan transportasi masal penduduk Kepulauan Seribu ini. Cara lain menuju PulauTidung adalah menggunakan jasa wisata yang ditawarkan. Biasanya kapal akan berangkat dari Ancol dan menggunakan kapal boat khusus (speed boat). Dan tentunya harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding menggunakan perahu.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Tidung antara lain bersepeda mengelilingi pulau, pantai atau menyusuri Jembatan Cinta. Sepeda yang disewakan dengan harga Rp 15.000,- per hari memungkinkan Anda berpuas-puas mengelilingi pulau ini tanpa harus takut dengan laju mobil yang lalu-lalang. Tidak ada mobil di pulau ini sehingga jalan-jalan yang ada diantara rumah-rumah penduduk bukanlah jalan yang lebar. Bagi Anda yang malas bersepeda mungkin bisa menjajal becak motor untuk berkeliling pulau.

Snorkeling merupakan kegiatan yang tepat dilakukan di Pulau Tidung. Tidak punya peralaatan snorkeling? Jangan khawatir ! Banyak kios di Pulau Tidung yang menyediakan jasa penyewaan peralatan snorkeling ataupun diving dengan harga sangat terjangkau. Anda bisa ikut rombongan untuk menyewa perahu nelayan agar dapat mencapai beberapa spot bawah laut yang indah.

 

Banana Boat dan kano merupakan permainan air yang dapat dicoba di sekitar pantai Pulau Tidung.  Pantai yang dangkal dan airnya yang bersih menjadi tempat yang nyaman jika Anda ingin mengajak anak-anak Anda bermain air. Atau bagi Anda yang cukup punya nyali, bisa mencoba terjun dari atas Jembatan Cinta setinggi 10 meter.

Jembatan Cinta merupakan salah satu icon Pulau Tidung yang wajib dikunjungi kalau Anda sedang berada di Pulau Tidung. Jembatan sepanjang 800 meter ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung kecil yang tidak berpenghuni. Dari jembatan yang terbuat dari kayu ini, Anda dapat melihat pemandangan di dalam air laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan yang lincah berenang pada sisi-sisi jembatan. Saat matahari terbit dan tenggelam adalah saat-saat paling indah di Pulau Tidung. Mungkin bagi Anda calon pengantin, tempat ini bisa diabadikan untuk foto pre-wedding Anda.

Jembatan Cinta menghubungkan P. Tidung Besar & P.Tidung Kecil yang tak berpenghuni. Tampak di foto adalah hutan di P. Tidung Kecil.

Pemandangan matahari terbit (sunrise) P. Tidung yang diabadikan dari salah satu sudut Jembatan Cinta

Di ujung Jembatan Cinta adalah P. Tidung Kecil.

Lelah dan lapar setelah bermain-main di pantai? Anda bisa mengisi perut di warung-warung milik penduduk. Jangan bayangkan Pulau Tidung seperti pulau dengan resort atau restoran mahal. Di sini hanya ada warung-warung sederhana dengan atap rumbia. Harganya pun murah meriah. Atau bagi Anda yang belum lapar, bisa menikmati kelapa muda di pinggir pantai.

Walau pulau ini tidak memiliki resor atau hotel seperti di pulau-pulau mewah di Kepulauan Seribu. Namun Anda tidak perlu khawatir. Hampir semua penduduk di Pulau Tidung bersedia untuk menyewakan rumahnya untuk homestay. Mau yang ber AC ataupun tidak, semuanya ada. Rumahnya pun cukup bersih. Dan yang lebih penting harganya tidak akan membuat kantong bolong.

Banyak paket wisata yang manawarkan wisata ke pulau ini dengan biaya sekitar Rp 300.000,- yang sudah mencakup biaya transportasi, makan, penginapan, snorkeling, banana boat dan BBQ di pinggir pantai. Bahkan jika Anda datang bersama rombongan dalam jumlah besar, harga akan lebih murah. (Risma)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


7 + 8 =

risma