08:15 am - Sunday 20 April 2014
Advertisement

Cherry Crochet: Dari Hobi Jadi Uang

By risma - Thu Mar 01, 8:00 pm

Jakartakita.com : Hobi adalah kegiatan rekreasi yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran. Hobi boleh dikatakan sebagai sebuah pemenuhan kebutuhan batiniah untuk melepaskan diridari rutinitas sehari-hari yang menjemukan sekalipun terkadang Anda harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak kecil untuk hobi tersebut.

Jika Anda mempunyai hobi yang digilai, mengapa tidak mencoba mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi tersebut. Siapa tahu hobi yang awalnya hanya iseng dan menghabiskan banyak uang malah menjadi mesin uang buat Anda.

Hal inilah yang dilakukan oleh Mugi Lestari pemilik online shop cherrycrochet.com yang menjual segala pernak-pernik rajutan. Merajut yang semula hanya selingan menghibur saat libur dari kesibukannya sebagai pegawai sebuah stasiun TV berita, kini menjadi sandaran hidupnya dan sejumlah perempuan yang menjadi pegawainya. Perlahan tapi pasti bisnis rumahan ini berhasil menjangkau konsumen hingga ke mancanegara. Seperti apakah suka duka membangun bisnis dari hobi? Simak wawancara jakartakita.com dengan Mugi Lestari berikut.

Bagaimana awalnya memulai bisnis cherrycrochet?

Sambil tersenyum, sang ibu muda beranak dua ini mengawali kisahnya.

Awalnya hanya iseng untuk menyalurkan hobi saja, kemudian hasilnya saya pakai sendiri. Ternyata banyak teman-teman saya yang tertarik untuk memesan hasil rajutan saya. Kemudian saya berpikir, mengapa tidak dikembangkan jadi bisnis saja.

Semakin lama jumlah pemesan semakin banyak dan tidak lagi dapat saya handle sendiri, bahkan antrian pesanan sampai dua bulan kedepan. Akhirnya saya memutuskan untuk mulai serius menekuni bisnis rajut-merajut ini.

Saya sampai mengajak teman semasa kuliah yang kebetulan memiliki hobi merajut untuk bergabung. Selain merekrut sejumlah ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggal saya yang sebelumnya sudah saya berikan pelatihan merajut,  saya juga merekrut saudara-saudara  saya.

Alhamdulillah sampai  sekarang cherry crochet masih diminati. Jumlah customer semakin hari semakin bertambah dengan promosi ‘dari mulut ke mulut’. Sebagian besar customer kami adalah loyal customer yang melakukan repeat order.
Mengapa dinamakan cherry crochet?

Dinamakan cherry crochet karena cherry itu buah yang identik dengan cantik, menarik, manis, eye-catching, dan menggoda siapapun yg melihatnya. Diharapkan karya-karya rajutan dari cherry crochet juga sama seperti cherry tersebut.



Mengapa memilih crochet untuk bisnis? Dimana Anda belajar merajut?

Saya memilih crochet karena hobi, hasilnya cantik, unik, bisa personalized. Orang yangg berfikir kalau rajutan itu kuno, salah besar, karena crochet ini bisa mengikuti perkembangan mode yang terus berubah-ubah.

Saya pertama kali belajar merajut dari tante saya semasa smp, karena ingin sekali membuat ikat rambut dari rajutan. Selebihnya saya belajar secara otodidak dari buku-buku merajut dan browsing di internet.

Bisa diceritakan sedikit suka duka membangun bisnis cherry crochet? Pernah ada yang komplain?

Sukanya tentu saja jika banyak pelanggan yg puas dengan karya kami,rasanya tidak bisa dibandingkan secara materi, karena ini lebih ke kepuasan batin. dukanya jika ada yang complain karena pesanan yang tidak sesuai keinginan pelanggan.

Bagaimana sistem penjualan Cherry Crochet?

Sistem penjualannya adalah pre-order, atau langsung untuk sejumlah barang yang ready stock. Untuk pre-order, customer bebas memilih model yang disuka disesuaikan dengan  warna, dan ukuran. Seperti online shop pada umumnya, customer diminta untuk transfer terlebih dahulu (full ataupun DP), baru kemudian dijadwalkan utk proses perajutan.

Siapa sajakah target marketnya?

Selama ini target market kami adalah dari semua golongan. Mengingat peminat barang-barang hasil rajutan ini ternyata cukup banyak.

Konsumen kami tidak hanya dari Indonesia tetapi dari mancanegara. Selama ini konsumen terjauh kami adalah dari Amerika.
Apa ciri khas cherry crochet?

Ciri khas cherry crochet dapat dilihat dari rajutannya dan sekarang kami pakai label woven dengan brand cherry crochet.  
Harapan Cherry crochet?

Harapan saya cherry crochet bisa terus berkembang, memiliki lebih banyak perajut handal, loyal customers dan customers baru yang semakin bertambah. Dan tentu saja cherry crochet ingin go international.

Dengan mata berbinar-binar, Mugi Lestari yang akrab dipanggil dengan Ibu Tari ini menyampaikan harapannya. Kalimat tadi sekaligus mengakhiri perbincangan jakartakita.com dengannya.

Ibu Tari adalah satu dari sekian banyak orang yang berhasil mengubah dari hobi menjadi uang. Anda juga bisa seperti mereka. Nah, ayo jangan tunggu lebih lama lagi. Saatnya buktikan bahwa hobi Anda juga menghasilkan. (Risma)

Alamat website : www.cherrycrochet.com
Facebook : www.facebook.com/cherry.crochet
Email : cherrycrochet@gmail.com

Fotografer:  chie sipin photography (www.facebook.com/ChieSipinPhotography)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


+ 6 = 11

risma