Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kampung Batik di Ibukota Jakarta?

69

Jakartakita.com : Batik merupakan salah satu hasil karya bangsa Indonesia yang dikagumi oleh berbagai bangsa di dunia. Produk budaya Indonesia yang sangat unik ini merupakan salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan dan dibudidayakan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mempromosikan batik kepada masyarakat luas melalui kampung batik.

Jika mendengar kampung batik, pikiran kita langsung melayang ke kota-kota kecil di Jawa tempat batik dihasilkan. Tahukah Anda kalau di tengah-tengah pemukiman padat di Kota Metropolitan Jakarta ada sebuah kampung batik. Tepatnya di jalan Palbatu, Menteng Dalam, Jakarta Selatan.

Nuansa batik sudah mulai terasa saat memasuki Jalan Palbatu, Menteng Dalam, Jakarta Pusat. Dari mulai pintu gerbang, jalanan, hingga dinding pagar dan tembok rumah warga semuanya dihias dengan motif  batik.

Sama seperti kampung-kampung batik di Lawean, trusmi, dan lainnya. Di kampung batik ini juga tersedia gerai-gerai batik yang menyediakan kain, baju dan beragam kerajinan tangan lainnya yang berbahan dasar batik.

Walaupun di kampung batik ini belum ada pengrajin batik professional, namun kampung batik ini menyediakan sanggar batik bagi warga yang ingin belajar membatik. (Risma).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: