Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

6.600 e-KTP Jakarta Siap Dibagikan Pekan Ini

42

Jakartakita.com: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menyerahkan 6.600 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI  (3/3/2012) dan akan segera dibagikan kepada warga pada pekan depan.

Sementara Pemprov DKI memastikan hingga 31 April 2012, 7,2 juta warga DKI Jakarta wajib e-KTP sudah selesai didata. Hingga saat ini, sudah ada 72 persen warga Jakarta yang sudah terdata.

Dipastikan seluruh fisik kartu e-KTP sudah dapat didistribusikan hingga akhir 2012. Sebab KTP lama tidak akan berlaku lagi sejak Januari 2013 dan diganti dengan e-KTP. Mulai tahun 2013, bagi warga yang tidak memiliki e-KTP tidak bisa mendapatkan pelayanan kependudukan dan kesehatan.

Untuk membantu pendistribusian kartu e-KTP yang sudah jadi, Pemprov DKI akan membantu penyediaan alat Smart Card Reader. Setiap kelurahan idealnya memiliki 1 smart card reader yang berfungsi untuk membaca sidik jari dan mengaktifkan hologram yang ada di balik kartu tersebut.

Kemendagri hanya menjanjikan memberikan 44 Smart Card Reader untuk 44 kecamatan di DKI. Untuk memenuhi kebutuhan Smart Card Reader, Pemprov DKI Jakarta akan menambah sebanyak 223 Smart Card Reader. (Risma).

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: