Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mengapa Android Populer?

28

Jakartakita.com : Siapa yang tak mengenal sistem operasi (OS) Android? Sejak diperkenalkan pada tanggal 5 November 2007, Android telah berkembang pesat menjadi OS yang paling populer. Bahkan kini OS Android sudah masuk generasi keempat yang diberi nama Ice Cream Sandwich.

Kepopuleran Android bahkan mampu mengambil pangsa pasar BlackBerry OS dari RIM, iOS dari Apple, Windows Phone dari Microsoft, dan Symbian dari Nokia. Android dengan cepat menguasai pangsa pasar smartphone global. Android menjadi sahabat bagi para pengguna komputer tablet, karena sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh OS lainnya.

Berikut adalah sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh OS Android yang membuatnya populer:

1. Open Source

Sama seperti Linux pada desktop PC. Android adalah OS open source. Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi.

2. Ketersediaan aplikasi berkualitas yang sering diupgrade.

Android bersifat open source, para programmer dan pengembang aplikasi pun antusias menciptakan aplikasi. Pengembang aplikasi tak perlu berhadapan dengan prosedur platform OS berbayar, karena aplikasi buatan mereka bebas didistribusikan dengan lisensi open source, shareware atau bahkan freeware. Hal ini tentu saja membuat para pengembang bersemangat untuk terus meng-upgrade aplikasi yang telah dibuatnya untuk perbaikan.

3. Harga yang terjangkau

Berbeda dari OS lainnya yang terkesan ekslusif karena hanya bisa digunakan oleh platform tertentu. Maka Android adalah  satu-satunya OS yang bebas digunakan platform manapun. Hal ini merangsang para vendor untuk menciptakan piranti smart phone/tablet dengan harga yang beragam dari high end hingga low end. Ini berarti semua orang bisa merasakan sensasi yang ditawarkan oleh Android.

4. Kemudahan untuk mengkostumisasi

Kalau pada OS lain, orang tidak bisa sembarangan mengoprek. Maka di Android . mengoprek bukanlah sesuatu yang ilegal. Rooting bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemampuan teknis, baik bagi pihak pengembang aplikasi ataupun pengguna yang ingin mengetahui dan mengakses file sistem Android. Rooting dapat menghemat daya baterai hingga meningkatkan performa piranti Anda.

5. Didukung oleh Google

Karena Google adalah pemilik Android. Maka Android didesain untuk mendukung layanan GMail, Google Docs, Google Maps, YouTube, Google Talk, Google+, dan tentu saja mesin pencari Google.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: