08:23 am - Thursday 24 April 2014
Advertisement

MRT Jakarta Akan Mulai Dibangun Mei 2012

By risma - Mon Mar 12, 9:08 pm

Jakartakita.com : Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di Ibukota akan segera dilaksanakan. Menurut rencana, pembangunan awal akan dimulai pada bulan Mei 2012. Diharapkan MRT Jakarta siapa beroperasi pada tahun 2016.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan membangun terlebih dulu jalur MRT Utara-Selatan, dengan proyek awalnya yakni rute Lebak Bulus- Bundaran HI. Pembangunan rute tahap pertama ini, membutuhkan dana hingga 144,322 miliar yen atau sekitar Rp 15 triliun.

Pembangunan MRT Jakarta ini sejak awal sudah melibatkan Advisory Committee Pembangunan MRT Jakarta pada 12 Februari 2007. Mereka yang duduk dalam Advisory Commitee ini adalah para tenaga ahli, akademisi, pengamat, bahkan dari pihak media di Indonesia dan Jepang.

Lintasan MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI direncanakan akan sepanjang 15,5 kilometer dengan rincian 10,5 kilometer di permukaan tanah, dan 5 kilometer di bawah tanah. Nantinya aka nada 13 stasiun diantaranya tujuh stasiun layang dan enam stasiun bawah tanah. Sebanyak enam stasiun bawah tanah akan dibangun di sepanjang rute tersebut, yakni di Masjid Al-Azhar, Istora Senayan (Ratu Plaza), Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, Bundaran Hotel Indonesia, dan tujuh stasiun elevated yakni di Lebakbulus, Fatmawati, Cipete Raya, H Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

Mengenai desain, jalur MRT dari Lebak Bulus ke Jalan Sisingamangaraja akan menggunakan konstruksi jalan layang, dan Jalan Sisingamangaraja ke Bundaran HI dengan konstruksi bawah tanah. Pemilihan tipe layang di jalur Lebak Bulus-Sisingamangaraja didasarkan dengan memperhitungkan dampak lalu lintas selama periode konstruksi. Dampak lalu lintas akan lebih besar jika di jalur ini dibangun bawah tanah karena secara metode konstruksi akan membutuhkan lahan kerja yang lebih luas sehingga sebagian besar jalan harus ditutup. Sedangkan jika dengan struktur layang, secara metode konstruksi, selama pembangunan akan tetap dipertahankan empat jalur.

Nantinya, MRT diharapkan mampu mengangkut 960.000 orang per hari dengan headway per 5 menit. Target waktu perjalanan dari Lebak Bulus-Bundaran HI mencapai 30 menit. Diharapkan MRT akan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di Ibukota Jakarta. (Risma)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


2 + = 3

risma