Tips Mengendarai Mobil Saat Banjir

Jakartakita.com : Akibat Hujan yang mengguyur kota Jakarta dan sekitarnya Senin sore (2/4/2012). Air masih menggenangi beberapa wilayah di Ibu Kota. Ketinggian air banjir mencapai 30 cm hingga 2,5 meter. Kemacetan lalu lintas pun tidak terhindarkan. Karena kendaraan bermotor memilih untuk berhenti atau memutar arah berebut mencari jalan alternatif.

Tak usah panik jika Anda terjebak banjir saat Anda mengendarai mobil kesayangan Anda. Berikut Adalah sejumlah tips yang bisa dipraktekan saat Anda harus mengendarai mobil saat banjir:

  • Cari tahu informasi terkini apakah rute yang yang akan Anda lalui tergenang banjir atau tidak. Informasi bisa didapat melalui radio, TV, sosial media, atau teman.
  • Kalau bisa tunda perjalanan Anda. Jangan pernah nekat menerobos genangan banjir apabila Anda tidak yakin seberapa dalam genangan tersebut.
  • Pastikan bahwa ketinggian air tidak setinggi dengan posisi karburator/ saringan udara maupun knalpot.
  • Tekan pedal gas diatas normal untuk menghindari air masuk ke dalam knalpot dan posisikan gigi (gear) mobil anda di gigi 1, pertahankan kecepatan yang stabil dengan memainkan kopling anda (jika mobil Anda manual).
  • Jangan berhenti di daerah genangan air.
  • Jaga jarak dengan mobil lainnya, karena pada saat banjir rem mobil tidak bisa bekerja dengan maksimal.
  • Setelah Anda menerjang banjir, mungkin Anda harus segera melakukan pengecekan pada mobil Anda, seperti: Melihat bagian bawah mobil untuk memastikan tidak ada sampah yang terbawa; Jjika oli mobil Anda tercampur dengan air, jangan paksakan untuk terus melajukan mobil Anda; keringkan bagian rem mobil Anda dengan cara menginjaknya berkali-kali sampai Anda yakin rem telah berfungsi dengan normal; cek juga saringan udara; dan pastikan anda tidak mendengar suara-suara aneh pada mesin mobil Anda.

(Risma)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Tips Mengendarai Mobil Saat Banjir”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Follow Us




Jakarta

Partly Cloudy
Humidity: 84
Wind: 19.31 km/h
27 °C
26 33
23 Dec 2014
25 32
24 Dec 2014

Xpresee

Jakarta Traffic Info – TMC Metro

Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin & Jl. Merdeka Barat https://t.co/1Ypbfg3jA4Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin…plus.google.comPemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin & Jl. Merdeka Barat Mulai 17 Desember 2014 Mulai Rabu 17 Desember 2014,… - TMC Polda Metro - Google+

Jangan jadikan jalanan yg sepi utk ajang balap liar, karena membahayakan diri sendiri & orang lain. http://t.co/TlwtKon7cMTMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) posted a photo on Twitterpic.twitter.comGet the whole picture - and other photos from TMC Polda Metro Jaya

04:20 Pria yg belum diketahui idenditasnya menjadi korban tabrak lari di KM 71 Tol Cikampek (arah Jkt), korban luka2 & msh penanganan Polri.

03:42 Imbas Proyek perbaikan jalan di KM 47, Tol Cikampek arah ke Jakarta lalin padat mulai dr KM 50. http://t.co/UyxjTq4kX1 @knightpironiTMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) posted a photo on Twitterpic.twitter.comGet the whole picture - and other photos from TMC Polda Metro Jaya