Take a fresh look at your lifestyle.

Cabe: Si Pedas Yang Berkhasiat

0 827

Jakartakita.com : Siapa yang tidak mengenal cabe? Rasa pedas dengan warna yang beragam menjadikannya bumbu dasar bagi banyak masakan. Siapa sangka di balik sensasi rasa pedas yang sering dituding sebagai penyebab sakit perut justru mengandung sejumlah manfaat dan kandungan gizi.

Selain mengandung zat capsaicin yang menyebabkan rasa pedas dan panas saat dikonsumsi, ternyata cabe juga mengandung vitamin C dan betakaroten (provitamin A) yang jumlahnya bahkan lebih banyak dari yang terkandung dalam paprika dan buah-buahan seperti; mangga, nanas, semangka, dll. Bahkan kadar mineral kalsium dan fosfornya mengungguli ikan segar. Cabe juga kaya akan protein dan serat.

Related Posts
1 daripada 1,953

Berikut adalah sejumlah khasiat yang terdapat dalam cabe:

  • Capsaicin dapat merangsang produksi hormon endorphin, hormon yang mampu membangkitkan rasa nyaman. Hormon ini yang meningkatkan nafsu makan.
  • Kandungan capsaicin dalam cabe dapat digunakan sebagai pengganti obat merah dengan menaburkan cabe merah kering yang sudah ditumbuk halus lalu ditaburkan pada luka. Cabe ini berguna untuk mencegah infeksi tapi juga segera meredakan rasa nyeri dan pendarahan sehingga mempercepat proses penyembuhan adalah cabe merah. Dengan memakan cabe dapat mengurangi nyeri pada radang sendi.
  • Karena cabe mengandung zat capsaicin yang dapat mengencerkan lendir, sehingga lendir yang tersumbat dalam rongga hidung akan menjadi encer dan keluar. Cabe adalah obat mujarab pada sinusitis dan juga batuk berdahak.
  • Cabe berkhasiat mengurangi terjadinya penggumpalan darah (trombosis).
  • Cabe dapat memperkecil risiko terserang stroke, penyumbatan pembuluh darah, impotensi, dan jantung koroner.
  • Konsumsi cabe meningkatkan daya cerna akan karbohidrat pada saat kita beristirahat.
  • Cabe juga berkhasiat untuk mengurangi obesitas karena meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran kalori, termasuk pembakaran lemak.
  • Cabe mengurangi resiko diabetes dan penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa konsumsi cabe secara teratur dapat meningkatkan pengendalian insulin hingga 55%.
  • Karena rasa pedas yang ditimbulkan capsaicin dapat menghalangi aktivitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dari pusat sistem saraf. Terhambatnya perjalanan sinyal ini akan mengurangi rasa sakit yang kita derita. Makanya cabe berkhasiat untuk meredakan sakit kepala dan migrain.

 

(Risma/berbagai sumber)

Tinggalkan komen