Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Gempa Berpotensi Tsunami Kembali Guncang Aceh

48

Jakartakita.com : Setelah gempa mengguncang Aceh Rabu (11/4/2012) pada pukul 15.38 dengan kekuatan 8.5 Skala Ritcher (SR). Gempa kembali mengguncang Aceh sekitar pukul 17.43.

Namun menurut data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, kali ini kekuatan gempa sebesar 8,1 skala Richter (SR). Pusat gempa tidak jauh berbeda dengan gempa yang terjadi pukul 15.38. Getaran gempa yang berpusat di perairan Simelue dilaporkan pula dapat dirasakan cukup keras di Medan, Sumatera Utara dan Pekan Baru, Riau. Bahkan guncangan gempa juga dilaporkan terasa hingga ke negara tetangga, seperti di Malaysia, Singapura, maupun Thailand.

Mengingat wilayah ini punya trauma berat terhadap bencana gempa dan tsunami yang memakan korban hingga ratusan ribu jiwa pada tahun 2004. Gempa tersebut sempat membuat kepanikan di antara warga.  Warga pun berhamburan keluar gedung atau rumah mereka untuk menyelamatkan diri ke tempat yang di anggap lebih aman, salah satunya adalah Masjid Raya Baiturrahman. Begitupun bagi warga yang tinggal di pesisir pantai.(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: