Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Perbedaan Data Calon Pemilih Pemilukada DKI

38

Jakartakita.com : Pemilukada DKI yang akan diselenggarakan pada tanggal 11 Juli 2012 sudah dekat. Pemprov DKI dan KPU DKI pun sudah melakukan rekapitulasi daftar pemilih sementara.

Berdasarkan data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Pemprov DKI, yang mengacu pada Sistem Informasi untuk Administrasi Kependudukan (SIAK), menunjukkan ada 7,5 juta pemilih di DKI Jakarta. Adapun data daftar pemilih sementara (DPS) hasil rekapitulasi KPU DKI Jakarta menunjukkan ada 7,044 juta orang.

Beberapa hari lalu, ketika Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan KTP elektronik (e-KTP), data yang ada jauh lebih kecil lagi. Jumlah pemilik e-KTP di Jakarta hanya 5,6 juta orang. Berarti, ada selisih dengan data DP4 sekitar 1,9 juta orang.

DP4 yang disampaikan Pemprov DKI kepada KPU DKI pada 6 Januari 2012 itu hanya sebagai data awal penyusunan DPS. Dan perubahan data bisa terjadi karena ada warga yang sedang di luar negeri, pindah ke luar kota, meninggal dunia, dan sebagainya.

Sampai saat ini KPU masih terus melakukan pemutakhiran data pemilih. DPS masih terus diverifikasi hingga tanggal 12 Mei. KPU baru  akan mengumumkan daftar pemilih tetap mulai 20 Mei hingga 22 Mei 2012. Kartu pemilih baru akan dibagikan pada 8 Juli 2012. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: