Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Hari Ini, Ujian Nasional SD Dilaksanakan Serentak

42

Jakartakita.com : Ujian Nasional Sekolah Dasar akan dilaksanakan hari ini,  Senin (7/5/2012) secara serentak di seluruh Indonesia.  Sejumlah daerah menyatakan kesiapannya menggelar ujian nasional SD dan berharap para peserta dapat lulus dengan nilai yang baik.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencatat, sekitar empat juta siswa akan mengikuti UN jenjang SD/MI/SDLB yang dilaksanakan serentak selama tiga hari, terhitung mulai Senin (7/5/2012) hari ini, sampai Rabu (9/5/2012) mendatang.

Seluruh siswa SD kelas enam akan diberikan 50 soal mata ujian Bahasa Indonesia, serta masing-masing 40 soal untuk mata ujian Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang harus diselesaikan  dengan waktu mengerjakan selama 120 menit. Dengan komposisi soal, 75 persen soal UN SD disiapkan oleh pemerintah daerah, dan sisanya berasal dari pemerintah pusat.

Selain itu, pengaturan kelulusannya juga diberikan kepada sekolah beserta pemerintah daerah. Komposisinya, 60 persen hasil nilai UN dan 40 persen berasal dari nilai sekolah.

Sama seperti UN SMP dan SMA, waktu UN susulan juga disediakan kepada semua siswa yang berhalangan hadir karena alasan jelas. Sesuai jadwal, UN susulan digelar pada pada 14-16 Mei. Mengenai pengumumannya, hasil UN SD akan diumumkan sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah masing-masing. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: