Black Box Sukhoi Sudah Ditemukan

Jakartakita.com : Rabu (16/5/2012) pagi ini benda yang disebut sebagai kotak hitam akan dikirim ke Halim Perdana Kusumah bersama dengan sejumlah kantong jenazah yang sudah dievakuasi di helipad, Cijeruk Bogor.

Penemuan kotak menyerupai kotak hitam tersebut terjadi Selasa (15/5) sekitar pukul 10.00 WIB oleh pasukan Kopasus dan Federasi Panjat Tebing Indonesia yang tergabung dalam kelompok charly (C).

Kotak tersebut ditemukan oleh Lettu Inf Taufik pimpinan kelompok anggota kopasus. Tim tersebut berhasil menempuh perjalanan jauh dan menemukan bangkai pesawat bagian ekor.

Awalnya tim sudah menemukan sejumlah material pesawat termasuk ELT yang awalnya diduga kotak hitam. Kemudian baru benda yang diduga adalah kotak hitam tak jauh dari lokasi ditemukannya ELT. Namun kondisi kotak hitam tersebut terlihat gosong tidak seperti warna awalnya oranye sempat menyulitkan tim mencari kotak tersebut karena telah berubah warna.

Setelah diperiksa dan dipastikan oleh perwakilan KNKT bahwa benda tersebut adalah benar kotak hitam. Kotak tersebut dievakuasi oleh tim, sekitar pukul 21.00 WIB kotak tersebut diserahterimakan kepada Danrem.Lalu bersama KNKT kotak tersebut dilakukan pemeriksaan awal secara kasat mata.

Danrem menyebutkan, meski kotak hitam telah ditemukan proses evakuasi tetap akan dilanjutkan hari ini karena masih ada sejumlah kantong jenazah yang akan dievakuasi. Penambahan hari operasi akan berlangsung selama tiga hari ke depan. Jika selama tiga hari penambahan evakuasi belum selesai akan ditambah tiga hari lagi.

Hingga Rabu (16/5/2012) pagi ini, total sudah 30 kantong jenazah yang diterbangkan ke Jakarta dari lokasi musibah. Rencananya, siang ini tim Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia akan mengumumkan hasil identifikasi awal jenazah. Semua jenazah tidak ada yang ditemukan dalam kondisi utuh.

Markas Besar Kepolisian mengumumkan tim Indonesia Automatic Fingerprints Identification System (Inafis) dari Markas Besar Kepolisian telah mendapatkan 22 sidik jari dari potongan tubuh korban pesawat Sukhoi Superjet 100.

Meski demikian, tim belum berhasil mengidentifikasi identitas jenazah berdasarkan temuan sidik jari itu. Proses identifikasi masih berlangsung. (Risma)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Black Box Sukhoi Sudah Ditemukan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 4 = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Follow Us




Jakarta

Partly Cloudy
Humidity: 74
Wind: 19.31 km/h
30 °C
26 33
23 Dec 2014
25 32
24 Dec 2014

Xpresee

Jakarta Traffic Info – TMC Metro

Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin & Jl. Merdeka Barat https://t.co/1Ypbfg3jA4Pemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin…plus.google.comPemprov DKI Jakarta Uji Coba Pembatasan Sepeda Motor Melintas di Jl. MH Thamrin & Jl. Merdeka Barat Mulai 17 Desember 2014 Mulai Rabu 17 Desember 2014,… - TMC Polda Metro - Google+

Jangan jadikan jalanan yg sepi utk ajang balap liar, karena membahayakan diri sendiri & orang lain. http://t.co/TlwtKon7cMTMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) posted a photo on Twitterpic.twitter.comGet the whole picture - and other photos from TMC Polda Metro Jaya

04:20 Pria yg belum diketahui idenditasnya menjadi korban tabrak lari di KM 71 Tol Cikampek (arah Jkt), korban luka2 & msh penanganan Polri.

03:42 Imbas Proyek perbaikan jalan di KM 47, Tol Cikampek arah ke Jakarta lalin padat mulai dr KM 50. http://t.co/UyxjTq4kX1 @knightpironiTMC Polda Metro Jaya (@TMCPoldaMetro) posted a photo on Twitterpic.twitter.comGet the whole picture - and other photos from TMC Polda Metro Jaya