Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Akhirnya FDR Sukhoi Superjet 100 Ditemukan

46

Jakartakita.com :  Setelah proses pencarian dan evakuasi korban Sukhoi Superjet 100 yang jatuh pada tanggal 9 Mei 2012 dihentikan minggu lalu. Akhirnya Flight Data Recorder (perekam data penerbangan/FDR) berhasil ditemukan Rabu (30/5) sekitar pukul 12.00 WIB oleh masyarakat dan diserahkan kepada Danrem 061 Surya Kencana Kolonel Infanteri AM Putranto pada pukul 21.00 WIB. Alat tersebut diserahterimakan dari Danrem kepada kepala Basarnas di Bandara Halim Perdanakusuma, pagi tadi (31/5/2012), lalu diserahkan kepada Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi untuk diselidiki.

FDR ditemukan oleh warga masyarakat tertimbun tanah cukup dalam diposisi sekitar 20 meter dari ekor pesawat. Benda berwarna oranye tersebut masih dikenali karena kondisinya tidak rusak. Sukhoi Superjet 100 jatuh pada 9 Mei 2012 di kawasan Gunung Salak, Bogor saat melakukan joy flight dengan membawa 45 penumpang dan awak.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan kalau FDR  pesawat Sukhoi Superjet 100 yang mencatat semua data penerbangan seperti kecepatan pesawat dan ketinggian selama 20 jam terakhir telah ditemukan dalam kondisi baik. Tidak seperti bagian kotak hitam yang sudah ditemukan terlebih dulu yaitu perekam suara kokpit (CVF) yang ditemukan hangus terbakar.

Penemuan FDR ini dibenarkan oleh Chief Desainer Sukhoi Vladimir N Lavrov. Dan pada kesempatan itu Vladimir juga mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerja sama yang baik dengan seluruh tim gabungan. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: