06:31 am - Saturday 02 August 2014
Advertisement

Ajak Swasta Sukseskan Kompetisi Keterampilan ASEAN ke IX November Nanti

By Rio Yotto - Mon Jun 11, 6:52 pm

Jakartakita.Com: Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnakertrans mengadakan kerjasama dengan PT Tira Austenite, Tbk untuk pengembangan program pelatihan dan pemagangan serta penyelenggaraan kompetisi kejuruan las pada Kompetensi  Keterampilan Asean (ASEAN Skills Competition/ASC) ke IX pada bulan November nanti.

Untuk kerjasama pengembangan program pelatihan dan penyelenggaraan pemagangan ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Dirjen Binalattas Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona dan Direktur Utama PT Tira PT Tira Austenite, Tbk Arief Goenadibrata.

Sedangkan kesepakatan bersana tentang kerjasama penyelenggaraan kompetisi kejuruan las pada Kompetensi  Keterampilan Asean (ASEAN Skills Competition/ASC) ke IX dilakukan antara Direktur Standardisasi Kompetensi dan Program Pelatihan (Stankomproglat) Ditjen Binalattas Kemnakertrans Kunjung Masehat dan Direktur Utama PT Tira PT Tira Austenite, Tbk Arief Goenadibrata.

Dirjen Binalattas Kemnakertrans Abdul Wahab Bangkona mengatakan keterlibatan perusahaan swasta dalam membantu pemerintah dibutuhkan untuk meningkatkan standar kualitas  pelatihan pencari kerja  dan menambah ketersediaan SDM yang siap kerja.

“Keberadaan pencari kerja dan tenaga kerja yang kompeten akan sangat mendukung efisiensi dan produktivitas di dunia usaha dan industri yang pada gilirannya akan meningkatkan keuntungan bagi dunia usaha dan industri sekaligus meningkatkan kesejahteraan pekerja itu sendiri,” kata Abdul Wahab Bangkona.

Kerjasama antara pemerintah dan perusahaan swasta terkait pelatihan keterampilan kerja dapat diwujudkan dengan fasilitasi program pemagangan di perusahaan atau kerjasama pelatihan yang diselenggarakan di Balai Latihan Kerja.

Sementara itu, mengenai penyelenggaraan ASC IX yang rencananya digelar bulan November nanti, Abdul Wahab berharap dukungan perusahaan-perusahaan swasta dapat turut menyukseskan penyelenggaraan ASC IX ini.

ASC merupakan kompetisi sekaligus arena unjuk kebolehan terhadap penguasaan kompetensi keterampilan kerja berbagai bidang kejuruan oleh para tenaga kerja muda di negara-negara  anggota ASEAN yang terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

”Pelaksanaan ASC ini akan membantu pengembangan sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan swasta yang ikut berkompetensi khususnya tenaga kerja muda diIndonesia  untuk mencapai kompetensi sesuai dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar kerja global.”kata Abdul Wahab Bangkona.

“Peningkatan standar kompetensi kerja menjadi keharusan agar tenaga kerja negara-negara ASEAN Umumnya dan tenaga kerja  Indonesia khususnya dapat bersaing dengan pekerja di luar negeri maupun pekerja asing di dalam negeri,” kata Abdul Wahab.

Abdul Wahab berharap  dalam penyelenggaraan ASEAN Skills Competition ke-9 nanti seluruh negara ASEAN dapat berpartisipasi untuk berbagai bidang keterampilan yang akan dikompetisikan sesuai dengan kemampuan tiap negara mengingat kompetisi ini sangat penting untuk mengukur kualitas tenaga kerja di masing-masing negara ASEAN.

“Kerja sama peningkatan kompetensi keterampilan kerja di antara negara-negara ASEAN sebenarnya sudah terlaksana, namum diperlukan adanya percepatan implementasi pelatihan kerja bersama yang berpedoman pada standar kompetensi kerja yang diakui dunia internasional.” kata Abdul Wahab.

Dalam  ASEAN Skills Competition ke-9 tahun ini telah disepakati  akan dilaksanakan kompetisi 22 (duapuluh dua) kejuruan dan 1 (satu) kejuruan ekshibisi.

Kedua puluh kejuruan tersebut adalah:  automobile technology, mechatronics, IT network system admnistration, IT software solution for business, plumbing and heating, welding, wall and floor tilling, refrigeration and air conditioning, bricklying, joinery, cabinet making, web design, electronics, fashion technology, restaurant services, cooking, mechanical engineering design, graphic design technology, beauty therapy, industrial automation, hair dressing, dan electrical installation.

Pusat Humas Kemnakertrans

-Rio Yotto

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


3 + 7 =

Rio Yotto