09:44 pm - Thursday 24 April 2014
Advertisement

Gaya hidup sehat bisa ‘perpanjang’ umur

Photo Gallery1 PhotoBy Rio Yotto - Sat Sep 01, 7:53 am

Jakartakita.Com: Satu kajian baru menunjukkan bahwa orang-orang yang menjaga gaya hidup sehat di usia lanjut bisa memperpanjang umur hingga enam tahun.

Sebelumnya para ahli tidak begitu yakin apakah faktor seperti kelebihan berat badan, merokok, dan mengkonsumsi alkohol, berpengaruh terhadap orang-orang di atas usia 75 tahun.

Ternyata diketahui bahwa gaya hidup sehat berdampak terhadap usia harapan hidup.

Para ahli yang menulis di Jurnal Medis Inggris mengatakan kesimpulan tersebut didapat setelah mereka meneliti lebih dari 1.800 yang berusia di atas 75 tahun di Stockholm selama kurang lebih 18 tahun.

Tidak sering sakit

Dari penelitian ini terungkap bahwa mereka yang tidak merokok dan berolahraga, hidup beberapa tahun lebih lama, dalam hal ini enam tahun untuk pria dan lima tahun untuk wanita.

Didapat pula data bahwa mereka yang merokok rata-rata meninggal satu tahun lebih cepat dibandingkan yang tidak merokok. Namun mantan perokok cenderung hidup lebih lama dibandingkan orang-orang yang tidak pernah merokok.

“Kajian kami menunjukkan ada kaitan antara kegiatan santai, gaya hidup sehat, dan pertambahan umur untuk orang-orang di atas 75 tahun,” kata Debora Rizzuto, ilmwan yang memimpin penelitian.

“Kaitan tersebut masih tampak jelas bahkan untuk orang-orang di atas usia 85 tahun.”

“Kami menyimpulkan setidaknya dengan mempertahankan gaya hidup sehat, peluang untuk jatuh sakit menjadi makin kecil,” jelas Rizzuto.

-Rio Yotto – JK/BBCIndonesia

Related Posts

Zemantawindow._wp_rp_callback_widget_exists ? window._wp_rp_callback_widget_exists() : false;

Photo Gallery

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


+ 2 = 5

Rio Yotto