02:29 pm - Saturday 19 April 2014
Advertisement

Lensa Kontak atau Kacamata?

By risma - Fri Sep 21, 10:42 am

Jakartakita.com : Model-model kacamata kini kian beragam. Kacamata tidak lagi hanya berfungsi untuk memperbaiki kelainan penglihatan tetapi juga mampu memperbaiki penampilan seseorang menjadi lebih gaya. Namun banyak juga orang yang lebih memilih memakai lensa kontak sebagai alat bantu penglihatan ketimbang repot menggunakan kacamata. Benarkah lensa kontak benar-benar dapat mengganti kacamata?

Contact lens atau yang lensa kontak adalah lensa korektif, kosmetik atau terapi  yang ditempatkan di kornea mata. Lensa kontak biasanya mempunyai kegunaan yang sama dengan kacamata konvensional , tetapi lebih ringan dan bentuknya tak nampak saat dipakai. Kehadiran lensa kontak banyak membantu mereka yang kurang nyaman dengan kaca mata. Belakangan, seperti halnya kaca mata, ada juga lensa kontak bagi mereka yang bermata normal, khususnya perempuan yang ingin tampil modis dengan warna pupil mata yang berwarna-warni. Wajar jika perkembangan lensa kontak pun sangat pesat.

Masih banyak orang salah paham dgn keberadaan softlens atau lensa kontak. Menganggap bahwa softlens atau lensa kontak adalah alat utk mengganti kacamata. Padahal sebenarnya Kacamata dan lensa kontak itu dapat dimiliki bersamaan. Setiap pemakai lensa kontak pasti memiliki kacamata. Lensa kontak hanyalah alat alternatif untuk menggantikan fungsi kacamata saat tidak memungkinkan bagi Anda memakai kacamata, misalkan: saat berolahraga.

Jika Anda memutuskan untuk memakai lensa kontak. Maka Anda harus siap dengan segala konsekuensinya. Merawat lensa kontak tidak sama dengan merawat kacamata. Lensa kontak butuh perawatan ekstra. Karena lensa kontak dipakai menempel pada kornea mata maka kemungkinan mata merah karena iritasi lebih besar dibandingkan kacamata.

Kontak lensa harus sering dibersihkan karena mata kita setiap harinya pasti mengeluarkan kotoran, entah itu protein, lemak atau debu. Setelah dibersihkan dan Anda tidak ingin memakainya lagi maka pastikan Anda menyimpannya dalam kotak antikuman. Perhatikan juga aturan pakai yang tercantum pada kemasan lensa kontak. Lensa kontak harian pastilah tidak bisa digunakan lebih dari sehari.

Harganya yang relatif lebih mahal dengan masa pakai yang terbatas juga menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memutuskan menggunakan lensa kontak. Belum lagi ukurannya yang kecil membuatnya gampang hilang atau terselip.

Tidak ada salahnya bagi Anda pemakai kacamata juga memiliki lensa kontak, yang bisa digunakan bergantian sesuai keperluan. Asal tahu cara merawatnya, lensa kontak aman dan nyaman untuk digunakan. (Risma)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


1 + = 3

risma