Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Menghindari Konsumtif Saat Online Shopping

26

Jakartakita.com : Mungkin beberapa tahun yang lalu online shoping masih merupakan hal tabu bagi masyarakat Indonesia. Karena fasilitas untuk online masih belum secanggih dan selengkap sekarang, selain itu kebanyakan masyarakat Indonesia masih menganut asas pasar tradisional dimana ada pembeli, penjual dan fisik barang saat bertransaksi.

Dengan berkembangnya gaya hidup serba digital, ditambah dengan keterbatasan waktu karena kesibukan, orang-orang mulai melirik pilihan belanja yang lebih praktis, online shopping. Anda hanya membutuhkan koneksi internet dan media untuk mengakses situs belanja online yang Anda tuju, seperti komputer, laptop, atau tablet PC.

Beragamnya produk menarik yang ditawarkan dengan harga yang terkadang lebih ‘miring’ dibanding di toko konvensional, kemudahan memilih barang dan bertransaksi, sampai proses pengiriman dalam waktu cepat, menjadi beberapa keunggulan toko online yang dapat memanjakan pembeli. Namun hati-hati, kemudahan dan kepraktisan dalam online shopping bisa membuat Anda menjadi konsumtif.

Berikut adalah sejumlah tips agar hobi online shopping tidak lantas menjadikan Anda konsumtif:

  1. Buat daftar prioritas kebutuhan. Sama seperti ketika Anda berbelanja secara konvensional di pusat perbelanjaan, anda harus menentukan prioritas kebutuhan agar tidak ‘kebablasan’ saat berbelanja. Jika tidak menentukan prioritas, salah-salah Anda tidak mendapatkan barang yang memang harus dibeli, dan malah mendapatkan barang lain yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.
  2. Tentukan budget. Hal yang tak kalah penting dalam online shopping adalah menentukan anggaran belanja. Beragamnya produk menarik yang ditawarkan dengan harga lebih ‘miring’ akan menggoda Anda untuk merogoh kocek Anda lebih dalam, apalagi jika toko online itu memberikan kemudahan cara pembayaran dengan kartu kredit. Penetapan budget akan lebih mengontrol Anda agar tidak ‘kebablasan’.
  3. Bandingkan harga. Saat Anda merasa menyukai barang yang Anda lihat di satu toko online, tahan diri Anda untuk tidak tergesa-gesa memutuskan membeli barang. Dalam beberapa website, pasti ada banyak pilihan barang dari merek yang sama. Coba bandingkan harga dari web yang satu dengan web lainnya. Tentu saja Anda juga harus memastikan bahwa website yang menjual barang target Anda lebih murah itu juga website yang terpercaya. Anda tidak ingin tertipu hanya karena mengejar harga murah bukan?
  4. Berburulah saat senggang. Dengan berburu barang lewat online shopping saat senggang, selain Anda bisa lebih menikmati ‘the joy of shopping’. Anda juga bisa lebih logis dalam mengambil keputusan untuk berbelanja. Anda punya cukup waktu untuk menentukan prioritas kebutuhan, budget dan mencari toko online yang menjual barang berkualitas dengan harga yang lebih ‘miring’.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: