Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Obama: Kemenangan ini milik rakyat AS

43

Jakartakita.Com: Presiden Barack Obama telah terpilih kembali untuk masa jabatan kedua, mengalahkan penantangnya dari Partai Republik Mitt Romney.

Dengan rampungnya penghitungan suara di sebagian besar negara bagian, presiden kulit hitam pertama Amerika ini dipastikan telah mendapat 270 suara elektoral sebagai syarat memenangi pilpres.

Di Chicago, Obama menyampaikan pidato kemenangan dihadapan ribuan pendukung yang bersorak-sorai menyambut kemenangannya.

“Kita telah bangkit, kita telah berhasil kembali,” kata Obama. “Kita tahu di dalam hati kita bahwa bagi Amerika Serikat masa keemasan akan segera tiba.”

Kemenangan Obama diperoleh di tengah kencangnya suara-suara menyatakan ketidakpuasan terhadap ekonomi dan tantangan berat dari rivalnya Romney.

Ia menang dengan margin yang cukup memuaskan.

mitt romney Mitt Romney mengucapkan selamat pada Presiden Barack Obama

Romney, mantan gubernur Massachusetts, telah menelepon sang presiden untuk menyampaikan ucapan selamat.

Dengan 29 suara elektoral di Florida masih belum diputuskan, Obama telah mengantongi 303 suara elektoral sedangkan Romney 206.

Dalam pidato yang emosional dii Boston, yang merupakan lokasi markas pemenangan Republik, Romney mengucapkan selamat pada sang presiden.

Ia mengatakan dirinya dan kandidat wakil presiden Paul Ryan telah “mengerahkan segala upaya” dan memberikan seluruh energi mereka dalam kampanye ini.

“Pemilihan telah usai tetapi prinsip kami akan tetap ada,” kata Romney. “Saya berharap saya dapat memenuhi harapan anda untuk membawa negara ke arah yang berbeda.”

Berdasarkan konstitusi AS, setiap negara bagian mendapat jatah suara elektoral yang disesuaikan dengan populasi. Kandidat dinyatakan menang jika memperoleh 270 suara elektoral.

Sepanjang kampanye, kedua kandidat telah menghabiskan dana $2miliar untuk membiayai publikasi iklan di negara-negara bagian dengan massa mengambang.

RY – Jakartakita.Com/BBCIndonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: