Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Lifestyle Sumbang Kematian Terbesar di Indonesia

28

Jakartakita.Com: Penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker hingga gagal ginjal merupakan contoh penyakit tidak menular yang kini menjadi pembunuh nomer satu di Indonesia.

Tercatat, sebanyak 59 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular.

Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, menjelaskan masalah penyakit tidak menular masih mengancam Indonesia. Lifestyle menjadi penyebab utama.

“Perilaku hidup tak sehat sangat tidak menguntungkan bagi kesehatan. Selain itu, akan berdampak serius pada ekonomi dan pembangunan karena mengurangi produktivitas,” jelasnya, baru-baru ini.

Bisa Anda bayangkan beban yang diderita bangsa ini akibat membengkaknya jumlah penderita penyakit tidak menular. Belum lagi ditambah penyakit menular hingga penyakit autoimun. Parahnya, penyakit tidak menular telah menyedot hingga 80 persen pembiayaan Jaskesmas.

Menteri Kesehatan mencontohkan masalah kanker paru-paru, stroke dan kardiovaskular di Indonesia, sekitar 80 persennya disebabkan oleh kebiasaan merokok.

“Rugi kalau sudah terkena, karena penyakit kronik ini akan diderita dalam jangka waktu lama dan berkembang secara perlahan,” terangnya.

Tentu saja, penyakit tidak menular  bisa dicegah. Menteri Kesehatan pun mengingatkan masyarakat memiliki kewajiban untuk menjalani kebiasaan hidup sehat.

RY – Jakartakita.Com/DS/RRI

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: