Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Polda Metro Jaya Galakkan Program Polwan Presenter

39

polwan

Jakartakita.com:  Di masa kini, tugas dan peran Polisi Lalu Lintas kian luas. Polantas tidak hanya bertugas mengatur dan menertibkan kendaraan, namun juga harus mampu menginformasikan kondisi lalu lintas terkini kepada masyarakat luas.

Untuk itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terus mengembangkan peran Presenter Berita Lalu Lintas. Tidak hanya pria, pewarta berita akan lebih humanis ketika disampaikan oleh para Polwan.

Saat perayaan malam tahun baru 2013 kemarin misalnya. Peran para Polisi Pewarta Berita Regional Traffic Management Center Polda Metro Jaya begitu dominan. Mereka silih berganti secara maraton menyampaikan kondisi lalu lintas kepada masyarakat luas, baik melalui radio maupun televisi.

Perwira On Air Radio dan Televisi R TMC Polda Metro Jaya Iptu Hery Priyatno,SH  mengatakan, penugasan Polwan Ditlantas PMJ ini merupakan implementasi dari instruksi Dirlantas PMJ Kombes Pol DR Chryshnanda, DL dalam upaya memberikan informasi yang selalu up to date mengenai perayaan tahun baru.

“Kami menyadari perayaan tahun baru di ibukota ini merupakan pertama kalinya diadakan dengan konsep yang berbeda (Car Free Night). Dengan acara panggung dan festival tentunya menyedot perhartian warga. Oleh karennya kami bersinergi dengan salah satu TV Swasta Nasional untuk secara live melaporkan informasi terkini mengenai pengalihan arus maupun  informasi lain yang perlu diketahui oleh masyarakat khususnya pengendara,” ujar Iptu Hery ketika ditemui di Bundaran Senayan saat mendampingi para polwan yang sedang On Air (31/12/2012) WIB.

Hery menambahkan, selain melalui On Air, Ditlantas PMJ juga terus secara intens memberikan informasi kepada masyarkat melalui Radio, facebook, twitter, website dan telephone. “Semua media kita pergunakan untuk memberikan akses dan info ke masyarakat,” terangnya.

Masih menurut Iptu Hery, Polwan yang diterjunkan di lapangan ini merupakan hasil penyaringan dari beberapa personil yang dipilih melalui test kompetensi mengenai  penguasaan wilayah dan karakteristik lalu lintas Ibukota. Selanjutnya mereka pun diberikan pelatihan oleh Presenter dari TV Trans Crop dalam pelatihan On air.

“Sebelum terjun di lapangan kita adakan kerjasama dengan Trans Crop untuk memberikan pelatihan kepada mereka mulai dari teknik dan penyampaian presenter, public speaking maupun Moderator,” ujarnya.

“Ini kita lakukan dalam upaya memberikan pendalaman materi mengenai presenter kepada mereka dan sebagai profesionalitas kami dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” lanjut Hery.

Sekadar informasi, kedepannya Regional TMC Polda Metro Jaya telah menyiapkan 15 Personil Ditlantas PMJ yang nantinya akan memberikan secara continue dan live setiap perkembangan lalu lintas di Jakarta baik melalui media televisi maupun radio.

“Ini sebagai bagian dari Integral Kepolisian khususnya Ditlantas PMJ dalam memamfaatkan media sebagai penghubung informasi,” pungkasnya. (TMC)

Polda Metro Jaya Galakkan Program Polwan Presenter

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: