Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Liburan Tanpa Membuat Kantong Jebol

21

holidayJakartakita.com: Work hard, play hard. Setelah berjibaku dengan rutinitas menjemukan sepanjang tahun, adakalanya kita butuh me-refresh pikiran  yang mulai kusut dengan berwisata ke suatu tempat untuk berlibur.

Alih-alih menyegarkan pikiran  dengan berwisata, seringkali sepulang brlibur malah dipusingkan oleh anggaran liburan yang sungguh membuat kantong Anda jebol. Bisa-bisa tabungan setahun Anda ludes dalam satu kali perjalanan wisata impian.

Berikut adalah cara cerdas agar liburan Anda bersama keluarga tak menjadi beban di kemudian hari:

  • Rencanakan liburan Anda dari jauh hari. Agar Anda punya cukup waktu untuk menyisihkan dana berlibur yang tidak mengganggu tabungan Anda apalagi cashflow harian Anda.
  • Riset. Riset diperlukan untuk mengetahui seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat. Riset juga diperlukan sebelum Anda memilih paket liburan yang ditwarkan oleh beragam biro perjalanan.
  • Berburu tiket atau akomodasi promo. Riset juga diperlukan untuk berburu tiket atau penginapan dengan harga diskon. Diskon dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.
  • Memilih tempat rekreasi.Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.
  • Konsumsi disesuaikan anggaran. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan anggaran yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.
  • Berburu oleh-oleh di pasar tradisional. Oleh-oleh menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjalanan liburan Anda. Sudah psasti keluarga atau teman-teman yang mengetahui rencana liburan Anda menitip oleh-oleh. Demi mendapatkan harga miring, jangan segan-segan untukmengunjungi pasar – pasar tradisional atau bahkan langsung mengunjungi sentral pembuatan kerajinan tangan untuk oleh-oleh.
  • Disiplin anggaran. Bawalah uang saku sesuai anggaran yang telah direncanakan. Dan tetap catat semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir.

Yuk, siapkan liburan cerdas Anda agar tidak membuat kantong jebol. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: