03:00 pm - Tuesday 22 July 2014
Advertisement

Karirrakyat.com, Website Lowongan Kerja Pertama Dengan Map & Logo

By harry - Mon Feb 04, 2:11 am

Karirrakyat

Jakartakita.com - Bagi sebagian kalangan, meningkatnya jumlah lapangan kerja dan tenaga kerja serta tingginya populasi Indonesia dengan kondisi masyarakat yang ‘melek’ internet merupakan sebuah peluang bisnis. Tak heran, saat ini cukup banyak website lowongan kerja yang hadir untuk membantu masyarakat dalam menemukan karir atau pekerjaan yang terbaik. Salah satunya adalah www.karirrakyat.com yang baru saja diluncurkan di Jakarta, Kamis (31/1) lalu oleh PT Comima Sentratama.

Menurut Eric Ngadiman, Chief Technical Officer Karirrakyat.com, website KarirRakyat memiliki perbedaan dengan website lowongan kerja yang sudah ada sebelumnya, karena di situs ini ditampilkan peta dan logo dari setiap perusahaan penyedia lowongan kerja serta dapat diketahui jarak dari lokasi tempat tinggal si pencari kerja. Diakuinya, kondisi jarak tempuh dan lokasi tempat kerja, menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk menjangkau perusahaan yang akan dituju.

Untuk itu, lanjutnya, KarirRakyat menampilkan dua fitur baru yang tidak dipakai oleh website lowongan kerja manapun. Fitur tersebut adalah KR-Map dan KR-ID. Fitur KR-Map menampilkan lokasi-lokasi mana yang sedang membuka lowongan kerja. Lokasi-lokasi ini ditandai dengan bulatan-bulatan warna kuning, merah, dan lain-lain sesuai ketersediaan lowongan kerja. Sedangkan, fitur KR-ID menampilkan identitas perusahaan melalui logo.

“Terkadang masyarakat lebih mengenal logo perusahaan, sebab nama perusahaan kadang tidak sepopuler brand-nya,” jelasnya.

Adapun diferensiasi yang lain adalah tidak adanya keharusan dalam melampirkan CV (curriculum vitae) bagi pencari kerja. Ia mengatakan, para pencari kerja hanya perlu mencantumkan nomor telepon saja. Strategi ini jelas lebih merakyat dan sesuai target KarirRakyat, yang tidak hanya membidik tenaga kerja atau pencari kerja di sektor formal, namun juga informal.

“Sejak beroperasi November 2012 lalu, KarirRakyat telah memiliki lebih dari 2000 lowongan pekerjaan dan lebih dari 800 perusahaan di Indonesia telah mendaftar sebagai pencari tenaga kerja. Beberapa diantaranya merupakan perusahaan di sektor informal semisal bengkel, restoran, dan lain-lain” terangnya.

Sampai dengan pertengahan Januari 2013, statistik pengunjung KarirRakyat telah meningkat menjadi lebih dari 1000 pengunjung unik per hari dalam kurun waktu 2 bulan dan sebanyak 4329 anggota telah mendaftar. Di jejaring sosial, KarirRakyat telah mendapat lebih dari 5700 ‘like’ di Facebook.

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


2 + 3 =

harry