Take a fresh look at your lifestyle.

Atasi Pegal Saat Bekerja di Depan Komputer

0 850

pegal di depan komputerJakartakita.com : Bekerja di depan komputer atau berselancar di dunia maya dengan menggunakan komputer/laptop memang mengasyikan dan bisa membuat lupa waktu. Tahu-tahu badan terasa pegal-pegal. Jangan anggap remeh jika Anda sering mengalami pegal-pegal setelah berlama-lama di depan komputer. Karena jika diabaikan dapat mengakibatkan penyakit serius.

Terlalu lama bekerja di depan komputer dengan posisi yang tidak tepat akan memicu cepat lelah, nyeri dan pegal pada tangan, punggung, tengkuk bahkan kaki. Terlalu lama membungkuk bahkan bisa mengakibatkan gangguan pada pstur tubuh. Jari-jari tangan juga bisa menjadi kaku.

Related Posts
1 daripada 1,953

Berikut adalah sejumlah tips untuk mengatasi pegal-pegal saat bekerja di depan komputer :

  • Duduk dengan rileks dan santai, serta jangan terlalu kaku.
  • Bila terasa pegal di tangan, beristirahatlah, jangan memaksakan diri. Tekan telapak tangan ke atas meja, lalu gerakkan tubuh bagian atas ke arah belakang untuk meregangkan otot-otot tangan, lalu tahan selama beberapa detik.
  • Pegal di tengkuk bisa terjadi bila posisi monitor tidak sejajar dengan mata. Atur posisi monitor sedemikian rupa sehingga kita tidak perlu menunduk atau menengadah bila berhadapan dengan monitor.
  • Pegal di punggung dapat terjadi bila kursi yang digunakan tidak ergonomis, sehingga tulang punggung harus menyesuaikan dengan kursi. Duduklah dengan posisi tegak, kaki membentuk sudut 90 derajat agar punggung tidak mengalami ketegangan dalam jangka waktu yang lama.
  • Kaki kesemutan dapat terjadi bila aliran darah ke kaki terhambat. Karena itu, jangan menyilangkan kaki bila sedang bekerja di depan komputer/laptop. Posisi kaki selonjor adalah yang paling baik. Gerakkan kaki secara berulang-ulang untuk merenggangkan pergelangan kaki agar lebih rileks
  • Beristirahatlah sejenak bila Anda sudah mulai merasa lelah atau pegal-pegal dengan berjalan-jalan menghirup udara segar.
  • Banyak minum air putih.
  • Minum neurobion tablet putih jika diperlukan.

(Risma)

Tinggalkan komen