Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Diet Atasi Anemia

26

DietJakartakita.com : Sobat Jakarta, masalah over weight sering menjadi momok yang menakutkan, terutama bagi wanita. Terlepas dari sejumlah penyakit yang mengancam pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Berat badan yang ideal sangat menunjang kecantikan seorang wanita.

Sekalipun Anda sedang menjalankan diet ketat demi menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung zat besi harus tetap ada dalam menu diet seimbang Anda. Karena zat besi merupakan elemen penting dalam pembentukan zat darah merah (haemoglobin) yang berperan penting dalam mengangkut zat makanan dan oksigen dalam tubuh.

Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia yang gejala awalnya seperti pucat, lemah, lesu dan lelah. Meminum suplemen penambah darah semacam sangobion merupakan langkah instan. Namun tidak ada salahnya jika Anda memasukan bahan makanan di bawah ini dalam menu diet Anda untuk mengatasi anemia.

1. Daging Daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Sekalipun Anda sedang diet, Anda masih bisa mengkonsumsi daging rendah lemak dalam jumlah yang sedikit.

2. Sayuran Sejumlah sayuran mengandung zat besi untuk penambah darah antara lain; bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

3. Buah-buahan Buah-buahan seperti kismis, plum, apel, anggur dan melon, tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan limau juga menambahkan zat besi ke tubuh Anda.

4. Kacang-kacangan. Ganti camilan Anda sehari-hari dengan kacang-kacangan. Karena kacang-kacangan mengandung zat besi untuk menambah darah.

5. Roti gandum dan sereal. Roti Gandum dan sereal mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: