Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Anda Positif Anemia Jika Mengalami 10 Tanda Ini

54

anemiaJakartakita.com : Belakangan ini, Anda merasa kurang bergairah menjalani aktifitas sehari-hari. Anda yang biasanya selalu ceria dan bersemangat, tiba-tiba jadi gampang lelah dan tampak pucat. Jangan-jangan Anda positif mengalami anemia atau kekurangan zat darah merah.

Jangan abaikan gejala anemia! Jangan-jangan anemia yang Anda alami bukan hanya sekedar kekurangan zat besi tetapi merupakan gejala dari penyakit serius lainnya seperti penyakit kuning, kanker atau HIV Aids.

Kalau anemia yang Anda alami hanya karena kekurangan zat besi, masih bisa diatasi dengan suplemen seperti sangobion, sedangkan kalau itu ternyata gejala penyakit serius harus segera mendapatkan perawatan lebih lanjut dari dokter yang bersangkutan.

Anda positif anemia jika mengalami 10 tanda ini:

1. Mata terlihat pucat
Ketika Anda meregangkan kelopak mata Anda, bagian bawah mata Anda idealnya harus merah cerah. Namun jika warna mata Anda terlihat pucat mungkin Anda anemia.
2. Mudah lelah
Jika Anda yang biasanya bersemangat, memiliki energy yang seperti tidak ada habis-habisnya tiba-tiba menjadi gampang capek. Boleh jadi Anda memiliki jumlah sel darah merah yang rendah. Energi tergantung pada oksidasi dan rendahnya sel darah merah, ini akan membuat semakin rendahnya tingkat oksidasi dalam tubuh.
3. Mual
Jumlah darah yang rendah kadang-kadang dapat memberikan gejala morning sickness atau mual segera setelah Anda keluar dari tempat tidur.
4. Kepala ‘keliyengan’
Orang yang mengalami anemia sering mengeluh kepala ‘keliyengan’. Jumlah darah merah dalam tubuh yang sedikit, membuat otak kekurangan oksigen. Hal ini sering menyebabkan sakit kepala dan Anda jadi mudah marah.

5. Kulit pucat
Jika Anda mengalami anemia maka Anda akan terlihat pucat, kulit Anda akan menjadi putih kekuningan, pucat ini berbeda dari kewajaran.
6. Jari-jari tangan memutih
Ketika Anda menekan jari-jari orang yang sehat, ujung jari akan menjadi merah, karena semua darah yang diperas akan mengalir ke ujung jari. Tapi jika Anda mengalami anemia, ujung jari Anda akan menjadi putih.
7. Sering terengah-engah
Jumlah darah yang rendah sebabkan kurangnya daya dukung oksigen dalam tubuh. Hal ini membuat Anda terengah-engah, bahkan saat melakukan aktivitas biasa sehari-hari seperti berjalan.
8. Berdebar
Bila Anda kekurangan oksigen dalam darah yang mengakibatkan Anda sering terengah-engah., denyut jantung akan meningkat karena harus bekerja ekstra untuk mengganti kekurangan oksigeen dalam tubuh. Hal ini yang membuat Anda bisa merasakan jantung Anda berdebar-debar.
9.Rambut rontok
Kalau tiba-tiba rambut kepala Anda mulai menipis, mungkin Anda mengalami anemia yang agak parah.
10. Gampang Sakit
Ketika tubuh Anda memiliki hanya sedikit energi dan oksigen, kekebalan untuk melawan penyakit jauh menurun. Itulah mengapa Anda menjadi lebih gampang sakit.

Jika tanda-tanda anemia yang Anda alami tidak juga hilang walau sudah memakan makanan yang mengandung zat besi atau suplemen tambahan seperti sangobion kapsul, Mungkin Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter Anda (Risma/berbagai sumber)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: