Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Yuk, Menghemat Anggaran Belanja Bulanan!

36

MoneySavingTipsJakartakita.com : Gaji bulanan Anda dan suami sudah masuk dengan selamat ke rekening. Kini saatnya berbelanja kebutuhan sebulan. Hati-hati! Jangan sampai anggaran belanja kebutuhan pokok bulanan jadi membengkak karena Anda tidak bisa menahan diri untuk membeli barang-barang yang tidak masuk dalam list. Akhirnya justru mengganggu cash flow keuangan rumah tangga.

Beberapa tips berikut  dapat membantu Anda menghemat pengeluaran saat belanja bulanan :

1. Membuat daftar belanjaan.

Biasakan membuat daftar belanjaan sebelum berbelanja. Daftar belanjaan bisa dibagi menjadi dua:

  • Belanja bulanan di awal bulan untuk daftar barang-barang yang dikonsumsi selama sebulan, misal; deterjen, sabun, beras, saus, bahan makanan instan, dll.
  • Belanja mingguan untuk kebutuhan bahan makanan segar dalam sepekan, misal; buah, susu, daging, ikan, sayur mayur, minuman, dll.

Mulailah kebiasaan belanja efektif sesuai jadwal belanja. Di awal bulan mungkin anda berbelanja kebutuhan yang habis sebulan dan belanja mingguan untuk minggu pertama saja. Sedang berikutnya, anda bisa meluangkan waktu sekali dalam sepekan untuk membeli stock makanan dan minuman dalam seminggu.

2. Jangan berbelanja saat lapar! Selain Anda jadi tidak konsen dan tergesa-gesa, tanpa sadar Anda memasukan makanan-makanan yang tidak masuk daftar ke dalam trolly Anda.

3. Beli produk yang sedang promo (diskon, buy 1 get 1 free). Simpan bon belanja, agar Anda bisa membandingkan harga bulan ini dan lalu, jadi tahu saat harga sedang murah. Anda juga bisa mencari tahu di supermarket mana barang yang Anda butuhkan sedang promo.

4. Membeli barang produksi supermarket itu, semisal: tissue, pembersih lantai, gula pasir, beras, dan lain-lain. Selain harganya lebih murah, kualitasnya juga lumayan.

5. Pastikan harga di kasir benar. Perhatikan jenis barang dan angka yang tertera pada layar saat petugas kasir menginput belanjaan Anda ke komputer kasir, karena petugas kasir tak selalu mengikuti update harga produk atau produk yang sedang diskon. Pastikan harga yang lihat di rak sama dengan harga yang di kasir. Jika harganya keliru, berhak untuk menegurnya.

Jika Anda tidak sempat memperhatikan satu-persatu di layar komputer kasir. Anda bisa melakukan pengecekan pada struk yang Anda pembelanjaan.

6. Jangan berbelanja sambil membawa anak, untuk mengurangi kemungkinan anak Anda memasukan segala macam snack dan minuman yang tidak masuk dalam daftar ke trolly belanja Anda.

7. Jika ada, gunakan kartu belanja yang diterbitkan supermarket itu, untuk mendapatkan harga khusus yang jauh lebih murah dengan beragam privileges.
8. Membeli dalam jumlah besar atau paket ekonomis akan lebih murah daripada membeli dalam kemasan kecil.

9. Agar disiplin anggaran, bawa uang secukupnya yang sesuai budget. Hindari penggunaan kartu kredit secara berlebihan.

10. Segera pulang usai belanja bulanan untuk menghindari Anda tergoda membeli barang-barang lain yang tidak Anda butuhkan.

Setelah berbelanja bulanan, pasti lelah. Segeralah beristirahat. Kalau perlu minum Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi kelelahan usai berbelanja  bulanan . (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: