Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Nutrisi Penting Selama Hamil

29

nutrition pregnancyJakartakita.com:  Sepanjang sembilan bulan kehamilan, hanya ibulah sumber gizi bagi janin. Itulah sebabnya seorang calon ibu perlu memerhatikan asupan gizi saat hamil. Asupan gizi bumil yang kurang dapat menghambat pertumbuhan janin. Sebab itu, bumil perlu memerhatikan kualitas maupun kuantitas asupan makanannya.

Berikut adalah beberapa zat-zat gizi yang sangat penting untuk Ibu konsumsi selama masa kehamilan:

Kalori

Kalori adalah sumber energi. Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih banyak untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah dan jaringan baru. Sekalipun bumil harus mencukupi kebutuhan kalori untuk dirinya dan si jabang bayi, bukan berarti bumil makannya harus berkali-kali lipat dari sebelum hamil.

Protein
Protein sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin.Protein bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Protein hewani seperti; daging, ikan, telur, keju, susu, dan hasil laut. Sedangkan protein nabati ada pada; kacang-kacangan, oncom, tempe, dll.

Kalsium
Sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan janin. Jika kebutuhan kalsium tidak tercukupi dalam makanan, maka janin akan mengambil kalsium dari tubuh ibu. Itulah mengapa banyak bumil yang tiba-tiba gigi dan tulangnya menjadi rapuh.

Kandungan kalsium ini bisa diperoleh dari jagung muda, udang atau kepiting, susu, yoghurt, keju, dan sayuran berdaun hijau. Selain itu ikan teri juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik.

Zat Besi

Sangat dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin darah. Karena selama hamil, volume darah bertambah untuk menampung perubahan pada tubuh bumil dan pasokan darah janin. Kekurangan zat besi biasa disebut kurang darah, efeknya bumil akan mudah lelah dan rentan infeksi. Kekurangan hemoglobin juga berbahaya bagi proses persalinan. Selain didapat dari daging, ikan, ayam, kacang-kacangan atau sereal, zat besi juga bisa didapat dari Sangobion Kapsul.

Vitamin C

Ini adalah hal yang paling mudah didapat dari pola konsumsi bumil yang menyukai sesuatu yang segar seperti buah-buahan. Justru di saat hamil trisemester pertama saya lebih banyak mengkonsumsi buah. Karena hanya itu yang tidak membuat eneg.

Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi jaringan dari kerusakan. Makanan yang mengandung vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Vitamin A

Vitamin A memegang peranan penting dalam fungsi penglihatan, imunitas, serta pertumbuhan dan perkembangan embrio. Vitamin A terdapat pada buah-buahan, sayuran, mentega, kuning telur, dan lain-lain.

(Risma/berbagai sumber)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: