Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Jurus Pemikat Saat Interview

29

job interviewJakartakita.com : Setelah lolos di tahap seleksi dokumen CV,  akhirnya kini Anda berada di tahap selanjutnya yaitu  Interview.  Dan tentu saja tahapan ini akan menentukan apakah Anda lolos untuk seleksi selanjutnya atau berhenti hingga di tahapan itu saja.

Saat interview adalah waktu tepat untuk memikat perekrut dengan kelebihan yang Anda miliki. Namun Anda juga harus tahu jurus pemikat berikut ini, agar aksi Anda tidak terkesan ‘lebay’ atau berlebihan:

·         Sesuaikan pekerjaan yang Anda lamar dengan kemampuan  dan pengalaman Anda. Saat interview, tunjukkan kualifikasi dan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi tersebut. Beritahu interviewer detail yang lebih spesifik tentang pengalaman kerja Anda dan jangan hanya mengandalkan surat lamaran.

·         Tunjukan kalau Anda seperti yang tertulis dalam CV.  Seringkali CV yang dibuat pelamar terlihat bombastis, padahal kenyataannya tidak. Agar CV Anda tidak dianggap ‘pembohongan publik’, jelaskan secara detail tentang keahlian serta pencapaian selama ini saat interview.

·         Sikap Menyenangkan. Anda pasti akan terkejut karena ada beberapa perusahaan yang memilih untuk memperkerjakan seseorang yang menyenangkan, ketimbang yang kompeten. Karena itu sikap ramah dan menyenangkan juga punya peran penting saat Anda melakukan interview.

·         Tunjukan ketertarikan Anda yang besar pada posisi yang Anda lamar.  Jelaskan pada interviewer apa yang membuat Anda merasa antusias dan bagaimana Anda melihat pekerjaan tersebut sebagai passion atau minat Anda.

·         Siapkan diri  Anda dengan pertanyaan besaran gaji yang Anda inginkan. Berikan alas an mengapa gaji yang Anda sebutkan layak untuk Anda terima.

·         Tunjukan bahwa Anda problem solver.  Luangkan waktu Anda untuk riset sebelum interview. Jika Anda tahu masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan tersebut, Anda bisa memberikan solusi. Ini akan menjadi poin lebih Anda.

Satu hal yang tak kalah penting untuk memikat perekrut saat interview adalah istirahat yang cukup.  Agar Anda tampil fresh pada keesokan harinya. Kalau perlu konsumsi vitamin neutropik seperti Neurobion Tablet Putih jika badan Anda terasa pegal-pegal setelah sehari sebelumnya Anda terpaksa harus bekerja keras.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: