Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Atasi Anemia pada Bumil

23

pregnantJakartakita.com : Ibu hamil tidak boleh menderita anemia. Mengapa? Karena saat hamil nanti kadar Hemoglobin menurun secara alami. Jika sebelum hamil ibu sudah menderita anemia, tentu kehamilan akan memperparah kondisinya. Jika tidak  ditangani, Anemia dapat mengganggu perkembangan otak janin dan meningkatkan resiko perdarahan.

Gejala anemia pada ibu hamil sama dengan gejala anemia sebelum hamil, seperti; cepat lelah, badan sering terasa lesu dan kurang bergairah, mudah mengantuk, mata berkunang-kunang, kepala sering pusing, sering merasa ingin pingsan. Apabila Anda merasakan gejala tersebut, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Jika Anda ternyata memang terbukti anemia, perbanyaklah konsumsi makanan yang menjadi sumber zat besi seperti daging merah, hati, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Asupan vitamin C yang cukup akan membuat penyerapan zat besi di dalam tubuh menjadi lebih baik. Kurangi konsumsi kopi dan teh yang dapat menghambat penyerapan zat besi.

Seorang ibu hamil yang menderita anemia biasanya akan mendapat suplemen penambah darah dari dokter seperti Sangobion Kapsul. Agar penyerapan zat besi dari suplemen tak terganggu, sebaiknya Anda tidak memberi jarak minum teh atau kopi setelah mengkonsumsi Sangobion Kapsul.

Waspadalah dengan gejala anemia saat kehamilan, agar dapat segera teratasi sebelum terlambat. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: