Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Kesalahan Diet Menyebabkan Anemia

27

DietJakartakita.com : Komposisi tubuh wanita, memiliki lebih banyak jaringan lemak. Inilah alasan mengapa wanita lebih rentan terkena obesitas dibanding pria. Makanya tak heran banyak wanita yang mati-matian menurunkan kelebihan berat badan dengan berbagai cara, termasuk diet ketat. Sayangnya banyak di antara mereka malah mengabaikan nutrisi penting bagi tubuh.

Sekalipun Anda sedang menjalankan diet ketat demi menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung zat besi harus tetap ada dalam menu diet seimbang Anda. Karena zat besi merupakan elemen penting dalam pembentukan zat darah merah (haemoglobin) yang berperan penting dalam mengangkut zat makanan dan oksigen dalam tubuh.  Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan anemia yang gejala awalnya seperti pucat, lemah, lesu dan lelah.

Berikut adalah 4 kesalahan dalam diet yang menyebabkan anemia;

  • Banyak orang tidak tahu makan lebih banyak sayuran dan buah juga baik untuk suplementasi zat besi. Hal ini karena buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C, asam sitrat dan asam malat dapat meningkatkan penyerapan zat besi.
  • Menghindari daging, padahal daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Sekalipun Anda sedang diet, Anda masih bisa mengkonsumsi daging rendah lemak dalam jumlah yang sedikit.
  • Anggapan bahwa mengkonsumsi susu dan telur baik bagi penderita anemia.  Susu memang mengandung gizi yang cukup, namun kandungan besi sangat rendah, dan laju penyerapan oleh tubuh manusia hanya 10%. Meskipun kuning telur memiliki kandungan zat besi yang tinggi, namun tingkat penyerapan hanya 3%. Terlebih lagi, beberapa protein yang terkandung dalam telur dapat menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh manusia. Akibatnya, meskipun kedua jenis makanan yang sangat bergizi, mereka tidak cocok untuk suplementasi besi.
  • Anggapan bahwa minum kopi dan teh tidak membawa bahaya bagi kesehatan. Bagi wanita, minum kopi dan teh terlalu banyak dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Hal ini karena asam samak dalam teh dan polifenol dalam kopi dapat membentuk semacam garam larut, yang akan menghambat penyerapan zat besi. Cukup konsumsi satu atau dua cangkir setiap hari.

Suplemen penambah darah Sangobion Kapsul dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan zat besi Anda sehari-hari saat menjalani diet. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: