Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

“Stand up, Speak up, Take action” Tema IYF 2013

46

IYF 2013Jakartakita.com – Indonesia Youth Forum (IYF) merupakan acara tahunan yang mengumpulkan pemuda terbaik bangsa yang telah berkontribusi di daerahnya. Ajang kali ini merupakan perhelatan IYF kedua yang digelar oleh Indonesia Student Youth Forum (ISYF). Penyelenggaraan pertama, 2012, digelar di Jakarta. Tahun ini, IYF mengambil tema “Stand up, Speak up, Take action”. Dengan tema ini diharapkan para pemuda mampu berdiri, mengungkapkan permasalahan daerah, dan memberi solusi demi terciptanya generasi produktif untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

“Yang menjadikan IYF kali ini berbeda dengan program anak muda lainnya adalah para peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah mereka yang sudah melakukan perubahan social (social movement) di daerahnya masing-masing. Mereka harus menjelaskan social project-nya dalam bentuk tulisan yang menjadi syarat utama untuk mengikuti Indonesia Youth Forum 2013,” ujar Taufik Nurhidayatulloh, Project Director dari IYF 2013 di sela-sela acara press conference di Jakarta, Selasa (21/5) siang.

Lebih lanjut dijelaskan, bentuk kegiatan social project  yang dilakukan oleh para peserta terdiri dari berbagai bidang baik sosial, pendidikan, IT, lingkungan, kesehatan, dan semuanya memiliki dampak perubahan sosial di lingkungan sekitarnya. Beberapa contoh project yang dilakukan seperti Kamus Nusantara online, Sedekah Hijau, Kampanye Anti-Paku di Pohon, dan Save Angkringan Jogja. Sesuai dengan tema IYF 2013 “Stand up, Speak up, Take action”, pemuda Indonesia tidak hanya bicara tanpa ada aksi nyata.

“Kita butuh sesuatu yang konkret hingga bisa memberikan inspirasi dan menjadi virus perubahan bagi lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

IYF 2013 diikuti oleh 250 peserta pemuda dari 25 propinsi di Indonesia. Ke-250 peserta itu sebelumnya bersaing bersama dengan 1.013 pemuda. Mereka diseleksi melalui dua tahapan yaitu seleksi dokumen secara online melalui www.indonesiayouthforum.com dan dihadapkan oleh sesi interview. Proses seleksi sendiri dilakukan oleh perwakilan dari universitas se-Indonesia mulai dari 28 Februari hingga 28 Maret 2013 lalu. Total waktu yang diperlukan untuk tahapan seleksi adalah 45 hari dengan terintegrasi sistem yang telah dibuat.

Dalam ajang IYF 2013 ini, terdapat berbagai macam aktivitas mulai dari Konser Kebangkitan Nusantara, Coaching Clinic, Meet The CEO, Meet the Leaders, Indonesia Youth Initiative Forum, Indonesia Minum Susu, Indonesia Safety Drive, Penanaman 1.000 pohon di Bantaran sungai Citarum dan masih banyak lagi.

“Dengan adanya kegiatan ini para pemuda di Indonesia diharapkan dapat membangun karakter melalui pengetahuan, keterampilan di berbagai bidang dan memberdayakan potensi dan aktivitas generasi muda untuk menjadi bagian dari pencapaian MDGs 2015,” pungkas President Director dari IYF 2013 Fajar A Kurniawan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: