Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Yuk, Alokasikan Dana Pendidikan Sejak Dini

29

MoneySavingTipsJakartakita.com : Di Indonesia, kenaikan biaya pendidikan biasa terjadi setiap tahun. Besaran kenaikan biaya masuk sekolah dan iurannya bervariasi antara 6 persen hingga 20 persen per tahun. Faktor pertama yang memengaruhi biaya pendidikan antara lain inflasi. Inflasi menjadi pemacu kenaikan biaya pendidikan tersebut. Kenaikan harga kebutuhan pokok membuat daya beli masyarakat menurun termasuk guru. Akibatnya, sekolah pun menaikkan gaji guru. Demikian juga kebutuhan biaya pemeliharaan fasilitas sekolah lain yang meningkat. Semua itu tentu mengakibatkan kenaikan biaya pendidikan.

Lalu bagaimana cara mengatur anggaran rumah tangga agar tujuan pendidikan anak tercapai tanpa mengganggu cash flow dan menguras tabungan Anda?

Berikut ini Tips bagaimana mengalokasikan dana pendidikan anak:

1. Alokasikan  Dana Sedini Mungkin. Semakin dini Anda mempersiapkan dana pendidikan, semakin ringan beban Anda. Karena jangka waktu yang Anda miliki lebih panjang dibandingkan mempersiapkan dadakan saat si kecil sudah waktunya masuk sekolah.

2. Alokasikan Dana Pendidikan Untuk Masing-masing Anak Dalam Pos Yang Berbeda. Jika Anda memiliki anak lebih dari satu, maka sebaiknya dana pendidikan dipisah untuk masing-masing anak. Ada beragam  macam investasi yang dapat dipilih untuk menempatkan dana pendidikan anak Anda.

3. Tentukan Prioritas. Jika kebutuhan hidup sangat banyak dan sulit untuk menyisihkan dana pendidikan si kecil, berarti ini saatnya Anda berdua harus mulai mengatur prioritas hidup. Coba kurangi beberapa pos pengeluaran yang tidak terlalu penting, seperti makan di restoran atau belanja pakaian.

4. Realistis Dalam Berencana. Coba hitung pendapatan total Anda berdua. Alokasikan dana pendidikan sesuai kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri untuk menyekolahkan anak di sekolah mahal jika tidak mampu. Atau carilah penghasilan tambahan untuk memenuhinya. Ini berarti Anda harus mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran lebih untuk mendapatkannya. Jangan sampai Anda malah sakit karena terlalu ngoyo. Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga stamina kalau perlu sediakan vitamin neurotropik seperti Neurobion Tablet Putih untuk mengatasi pegal-pegal karena bekerja ekstra.

5. Pilihan Menyimpan Dana Pendidikan. Ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih untuk merencanakan dana pendidikan anak. Produk yang memberikan bunga yang tinggi, biasanya juga memiliki risiko yang lebih besar (high risk, high return).

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: