Pola Makan Sehat Tanpa Menguras Kantong

doc: healthyfoodhouse.com

doc: healthyfoodhouse.com

Jakartakita.com : Siapa bilang, pola makan sehat itu mahal? Percaya atau tidak, nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebenarnya bisa didapat dari berbagai zat makanan yang tidak mahal. Toh, makanan sehat tidak melulu harus didapat di restoran mewah bukan? Dari dapur paling sederhana pun bisa tercipta makanan sehat dan bergizi.

Seperti dilansir dari livestrong, ada beberapa kebiasaan dan pola makan tidak sehat, namun justru menguras dompet. Mengganti kebiasaan itu dengan yang lebih sehat, tentu akan mengurangi jumlah uang yang harus Anda keluarkan, antara lain:

·         Membuat kopi sendiri. Hobi minum kopi sebetulnya bagus, karena kafein ternyata memiliki efek antioksidan. Asal anda tidak banyak menambahkan gula atau krimer, kopi baik dan sehat untuk tubuh Anda. Tentu saja Anda bisa membuat kopi sendiri di rumah, tak perlu menghabiskan uang hingga puluhan ribu demi secangkir kopi nikmat yang biasa dihidangkan di café tempat kongkow.

·         Ngemil kacang. Seringkali perut kita menagih camilan di antara jam makan besar. Nah, daripada mengemil camilan tidak sehat yang harganya juga tidak murah seperti chips, soda, coklat atau cake. Lebih baik Anda membeli camilan kacang yang sudah jelas lebih sehat dan murah meriah.

·         Hari tanpa daging. Harga daging kian hari kian mahal. Cobalah untuk mengurangi daging dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih murah namun memiliki nutrisi yang kurang lebih sama dengan daging, seperti kacang, jamur, tahu, ikan, umbi, dan sayur-sayuran. Atau kalau perlu konsumsi Sangobion Kapsul untuk kebutuhan zat besi Anda.

·         Kurangi kebiasaan jajan di luar. Kebiasaan makan di luar tentu sudah diketahui lebih menguras kantong daripada makan di rumah. Selain itu, makanan yang dijual biasanya memiliki kadar lemak dan garam yang lebih tinggi belum lagi bumbu penyedap dan tingkat hieginitas. Daripada jajan di luar lebih baik makan di rumah atau membawa bekal dari rumah.

(Risma)

Comments

comments




0 thoughts on “Pola Makan Sehat Tanpa Menguras Kantong”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags

You may also like...

Cari



Follow Us

Lowongan Kerja Jakarta


Kolom Expert – Ekonomi

DR. Agus Tony Poputra
Pengamat Ekonomi - Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kolom Expert – Properti

Jakarta News Wire