Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pelesiran Ala Backpacker

32

doc: offtrackbackpacking.com
doc: offtrackbackpacking.com

Jakartakita.com : Bosan dengan liburan ala koper yang biasa ditawarkan oleh berbagai biro perjalanan? Mungkin tidak ada salahnya jika sesekali Anda mencoba tantangan baru dengan berlibur ala backpacker ke luar negeri.

Jalan-jalan ke luar negeri ala Backpacker memang memiliki tantangan tersendiri. Selain karena biaya yang lebih murah, dengan berwisata ala backpacker kita akan lebih banyak mendapat pengalaman baru yang tak terlupakan. Namun wisata ala backpacker tentu berisiko lebih besar daripada cara berpergian pada umumnya.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang berencana melakukan backpacker-an sendiri ke luar negeri.

·         Riset. Riset diperlukan untuk mengetahui seluk-beluk negara yang dituju. Mempelajari beberapa frase bahasa negara tersebut serta mengenali adat dan budaya sangat berguna untuk memudahkan perjalanan backpacker Anda. Riset juga diperlukan untuk mengetahui estimasi biaya transportasi, hostel, land mark yang wajib dikunjungi, even penting dan lainnya

·         Ajak Teman. Liburan ala backpacker lebih seru jika Anda mengajak setidaknya seorang teman. Selain bisa seseruan bersama, pengalaman yang didapat akan lebih menarik dan tentunya Anda akan merasa lebih nyaman tersesat bersama teman di negeri antah-berantah.

·         Gunakan ransel/backpack. Backpacking identik dengan ‘backpack’ atau ransel. Alasan digunakannya tas jenis ini sederhana: praktis dan efisien. Anda tak perlu menggeret koper atau menjinjing tas-tas kecil. Kalau waktu liburan cenderung pendek, coba gunakan daypack (ransel ukuran 20-30 liter). Selebihnya, pakailah semi-carrier (ukuran 35-40 liter) atau carrier (45-80 liter) kalau traveling dalam jangka waktu lama.

·         Packing yang efektif dan efisien. Karena sudah mengetahui cuaca di tempat tujuan dan gambaran mengenai keadaan kotanya, semestinya bisa memperkirakan pakaian seperti apa yang pas dengan kondisi setempat. Bawalah barang secukupnya agar tidak merepotkan liburan ala backpacker Anda. Susun check list apa saja yang perlu dibawa. Ada baiknya setiap jenis barang dimasukan dalam wadah/kantong terpisah, kemudian ditata rapi di dalam ransel Anda. Penataan seperti memudahkan Anda mengambil barang tanpa membuat packing berantakan.

·         Budget first. Backpacking identik dengan pengeluaran seminim mungkin. Akomodasi, transportasi, dan makan misalnya, harus dialokasikan dengan bujet sekecil mungkin. Tak heran banyak backpacker yang menginap di hostel, alih-alih hotel. Makan di pinggir jalan, alih-alih restoran mahal.

·         Menyusun agenda perjalanan. Sangat penting bagi backpackers untuk menyusun agenda perjalanan ke tempat tujuan berlibur Anda. Membaca catatan perjalanan orang yang sudah mengunjungi tempat yang dituju juga sangat direkomendasikan. Pengalaman orang lain tersebut akan menjadi pedoman selama perjalanan.Hal ini penting untuk meminimalisasi resiko tersesat atau ketinggalan pesawat.

·         Persiapan Perjalanan. Sebelum memulai perjalanan, ada beberapa hal yang perlu anda siapkan. Pertama adalah dokumen perjalanan. Akan lebih mudah jika anda menggunakan tas pinggang kecil untuk membawa dokumen perjalanan seperti tiket, kartu identitas, passport, kartu ATM/kredit berlogo Visa atau Master, polis asuransi perjalanan, kompas, peta, gadget dan lainnya. Jangan lupa membawa kamera dan obat-obatan pribadi. 

·         Jaga Kondisi Badan Agar Tetap Bugar. Tubuh yang bugar akan sangat mendukung perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan. Pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup selama perjalanan. Sediakan selalu neurobion tablet putih untuk mengatasi pegal-pegal selama perjalanan Anda. (Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: