Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Garuda Baru Ikutan Ajang SCWC Rio 2014

61

Garuda BaruJakartakita.com – Komite SCWC secara resmi menunjuk Yayasan Transmuda Energy Nusantara (TEN) sebagai official organizer untuk tim Indonesia, diajang SCWC (Street Child World Cup) 2014 di Rio de Jenairo, Brasil. Untuk itu, Yayasan TEN meluncurkan program Garuda Baru Road to Rio 2014, yang nantinya akan menjaring 8 orang anak jalanan (5 pemain outfield, 1 kiper, dan 2 pemain pengganti) untuk mewakili Indonesia diajang SCWC 2014.

Mahir, dari Yayasan TEN mengatakan, ajang SCWC ini bisa menjadi sarana untuk mengembalikan hak anak jalanan untuk tumbuh sebagaimana anak-anak pada umumnya. Program ini, sambungnya, adalah salah satu upaya untuk menarik perhatian anak muda untuk berani berinisiatif dalam merangkul anak jalanan dalam bidang olah raga. Menang atau kalah dalam ajang tersebut bukan tujuan utama. Yang penting setelah pulang dari acara tersebut, anak-anak itu bisa menjadi role model dan menginspirasi anak-anak yang masih berada, tinggal dan bekerja di jalan untuk berubah.

“Tentu saja tidak serta merta semudah membalikan telapak tangan, tapi pendampingan pasca kegiatan kita lanjutkan. Give chance, not change (beri peluang, bukan uang),” jelas Mahir, saat acara press conference peluncuran program Garuda Baru Road to Rio 2014, di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (27/6) lalu.

Ditambahkan, anak-anak jalanan yang akan direkrut, diambil dari 7 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Sumut, Sulsel, dan Jawa Timur) melalui pegiat sosial, jejaring sosial, dan sekolah sepakbola. Seleksi dimulai pada bulan November dan Desember 2013. Masing-masing provinsi dipilih tidak lebih dari 5-10 anak. Kemudian diseleksi ke tingkat nasional berdasarkan kesehatan, fisik bermain bola, kemahiran bermain bola, dan tes kepribadian. Sejumlah anak yang terpilih, akan berangkat ke Jakarta untk bergabung dalam national camp yang akan diselenggarakan pada bulan Januari sampai Maret 2014.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: