Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Yuk, Mengenal Food Combining

41

doc: www.wise-living.com
doc: www.wise-living.com

Jakartakita.com: Mungkin di antara Anda ada yang sedang berupaya keras untuk menurunkan berat badan dengan berdiet ketat namun tak kunjung mendapatkan berat ideal yang didambakan. Atau ada yang sudah berupaya makan banyak namun belum juga mencapai berat ideal.

Mungkin Anda perlu mencoba  food combining . Berbeda dengan diet yang mengharuskan sistem percernaan untuk menyesuaikan aturannya, food combining justru menawarkan pola makan yang sudah sesuai dengan kerja alami sistem pencernaan. Karena biasanya kesulitan mencapai berat badan ideal dikarenakan gangguan metabolisme di tubuh. Gangguan metabolisme tersebut terjadi akibat adanya pola makan yang tidak sesuai dengan kerja alami sistem pencernaan.

Menurut salah satu pelaku food combining sekaligus penulis buku  ‘Mitos dan Fakta Kesehatan’ Erikar Lebang, dengan melakukan food combining, mengatur pola makan tidak harus tersiksa dengan rasa lapar lantaran membatasi makan. Karena pada prinsipnya food combining ‘membebaskan’ pelakunya untuk makan hingga kenyang, bukan membatasi sedikit makan.

Nah, bagi Anda yang ingin menjajal sensasi food combining untuk mendapatkan berat ideal yang didambakan. Berikut adalah sejumlah tips bagi Anda para pemula food combining :

·         Buah yang berserat, berair dan manis karena matang di pohon seperti buah melon dan papaya bisa menjadi menu sarapan Anda. Hindari sarapan dengan buah yang mengandung alcohol atau gas seperti durian, nangka, atau cempedak.

·         Selain buah, Anda bisa mengkonsumsi sayuran mentah untuk sarapan. Sayuran mentah masih mengandung mineral penting seperti magnesium dan kalsium yang bisa rusak bila dimasak. Tentu saja Anda harus mencuci bersih sayuran mentah sebelum dikonsumsi.

·         Kombinasi paling ideal untuk makan siang Anda adalah protein hewani dan sayuran. Dan sebaiknya sayuran yang dikonsumsi adalah sayuran mentah atau tidak mengalami proses pemasakan yang lama. Sekalipun Anda sedang ‘diet’ protein hewani tetap dibutuhkan terutama untuk memenuhi kebutuhan zat besi agar tidak anemia. Kalau perlu konsumsi sangobion kapsul untuk mengatasi gejala anemia.

·         Usahakan makan malam sebelum pukul 20.00. Setelah pukul 20.00 hingga 04.00 pagi, tubuh sesuai ritme sirkadian sudah masuk dalam tahap memproses makanan yang telah dimakan.

·         Sayuran dan buah segar  yang dikonsumsi harus yang berkualitas.  Jangan lupa untuk selalu mencuci bersih sayuran dan buah segar yang akan Anda konsumsi.

·         Disiplin saat menjalankan food combining. Tentu  saja Anda masih boleh memakan makanan lain yang ‘diharamkan’ saat food combining di satu hari tertentu yang Anda tetapkan untuk ‘membolos’.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: