Take a fresh look at your lifestyle.

Do’s & Don’ts Agar Tetap Bugar Saat Puasa

0 738

OUTDOOR EXERCISEJakartakita.com: Bulan suci Ramadan telah tiba. Menjalankan ibadah puasa bukan alasan bagi Anda untuk bermalas-malasan menjalankan aktifitas sehari-hari. Agar tetap bugar selama menjalankan ibadah puasa, Anda harus memperhatikan asupan saat makan sahur. Berikut adalah do’s dan don’ts saat makan sahur agar tetap bugar sepanjang hari.
 
Do’s

Minum air putih
Sekitar 80 persen tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, mengkonsumsi air merupakan hal yang paling penting saat makan sahur. Hal ini untuk mencegah dehidrasi saat Anda menahan lapar dan haus selama hampir 14jam .
 
Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Buah dan sayur dapat menahan rasa lapar lebih tahan lama karena tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan yang mengandung serat.

Konsumsi karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks terdapat pada roti gandum, oatmeal, nasi merah, jagung, singkong, dan ubi. Makanan jenis ini mengandung kadar gula yang rendah dan bisa membuat kita kenyang lebih lama hingga enam jam.
 
Gizi seimbang

Usahakan makanan yang kita konsumsi mengandung gizi  seimbang dan lengkap seperti lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.  Kalau perlu konsumsi suplemen seperti sangobion kapsul untuk mencegah anemia akibat kekurangan zat besi.

Don’ts

Makanan manis
Banyak mengkonsumsi makanan manis pada saat sahur bisa membuat perut cepat lapar saat di siang hari. Makanan yang manis hanya bisa bertahan selama dua jam setelah dimakan.

Gorengan
Gorengan yang dikonsummsi saat sahur akan mengakibatkan sel darah mudah menggumpal. Jika hal ini terjadi bisa menyebabkan berkurangnya aliran oksigen pada tubuh sekitar 20 persen yang bisa membuat mengantuk pada siang hari.

Kafein
Sebaiknya menghindari minuman kafein seperti kopi dan teh pada bulan puasa, terutama saat sahur. Zat yang terkandung pada kopi dan teh dapat meningkatkan produksi air seni dan mengeluarkan zat-zat mineral dalam tubuh yang diperlukan.

(Risma)

Tinggalkan komen