Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tetap Bugar Saat Berpuasa Walau Sedang Hamil

41

hamilJakartakita.com: Saat bulan Ramadhan, banyak ibu hamil yang ragu untuk menjalankan ibadah puasa secara penuh karena mengkhawatirkan dampak perubahan pola makan terhadap kesehatan calon buah hati. Padahal, beberapa penelitian menunjukkan, puasa justru dapat memberikan dampak positif bagi ibu hamil selama ibu dalam kondisi sehat serta pola makan diatur dengan baik dan asupan nutrisi tetap terjaga dengan seimbang.

Lantas bagaimana caranya menjalani puasa dan janin tetap dalam keadaan aman? Simak tips lengkapnya seperti yang dilansir babycenter.com:

  • Diskusikan dengan dokter kandungan Anda untuk memastikan bahwa kandungan Anda tidak beresiko bila berpuasa. Jika perlu ambil tes sebelum berpuasa.
  • Saat sahur, pilih makanan yang mengandung protein dan lemak dalam jumlah cukup. Kedua jenis zat gizi ini dapat bertahan lebih lama di pencernaan sehingga memperlambat rasa lapar di siang hari. Jangan mengonsumsi makanan manis saat sahur agar tubuh tidak terasa lemas dan cepat lapar.
  • Saat berpuasa, hindari berjalan jauh atau bekerja terlalu berat. Ingat saat ini Anda sedang berpuasa dan mesti berbagi energi dengan bayi dalam kandungan Anda.
  • Ibu hamil mudah merasa kepanasan dan dehidrasi maka itu hindari berpanas-panasan.
  • Saat berbuka puasa, mulailah dengan makanan hangat dan manis. Hindari minuman dingin karena dapat menurunkan kerja lambung.
  • Setelah salat magrib,makanlah dengan porsi lebih besar, tapi jangan langsung kalap. Makan dalam jumlah besar bisa membuat tubuh Anda lemas. Karena itu, makan secukupnya. Anda bisa meneruskan makan Anda kembali setelah salat tarawih.
  • Minum air yang banyak agar tidak dehidrasi. Tidak hanya air putih, ibu hamil juga butuh susu untuk memenuhi kebutuhan kalsium.
  • Kalau perlu konsumsi suplemen tambahan seperti sangobion kapsul untuk mencukupi kebutuhan zat besi Anda dan janin.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: