06:00 pm - Thursday 21 August 2014
Advertisement

Puasa Ala Vegetarian

By risma - Tue Jul 16, 4:46 pm

doc: healthyfoodhouse.com

doc: healthyfoodhouse.com

Jakartakita.com: Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah, bulan terbaik dimana berkah dan rahmat senantiasa tercurah dari Yang Maha Kuasa. Di bulan puasa ini seluruh umat muslim di dunia wajib melakukan ibadah puasa selama 30 hari. Menahan segala bentuk hawa nafsu baik makan, minum, dan syahwat dari mulai imsyak hingga waktunya berbuka di petang hari.

Tidak menyantap protein hewani seperti; daging atau ayam bukanlah alasan bagi para vegetarian untuk menjadi loyo saat menjalankan ibadah puasa. Justru puasa dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Berikut adalah sejumlah tips bagi vegetarian agar tetap bugar saat berpuasa :

Nutrisi seimbang tanpa protein & lemak hewani.

Saat sahur, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna seperti protein, buah-buahan dan sayur-sayuran agar Anda tidak cepat merasa lapar. Protein bisa didapat dari mengkonsumsi biji-bijian, susu, keju, telur. Bagi vegetarian murni bisa mengkonsumsi susu kedelai. Jauhi makanan yang mengandung kadar gula tinggi pada saat sahur, karena tubuh Anda akan cepat merasa lapar setelah makanan selesai dicerna oleh tubuh.

Saat berbuka puasa. Mulailah dengan teh manis hangat (jangan minuman dingin atau soda) dan makanan pembuka berupa kurma, atau buah segar dan  makanan ringan lainnya. Setelah salat Maghrib atau Isya, barulah makan berat secukupnya.

Air putih.

Sekitar 80 persen tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, mengkonsumsi air merupakan hal yang paling penting saat makan sahur. Hal ini untuk mencegah dehidrasi saat Anda menahan lapar dan haus selama hampir 14jam .

Olahraga

Pilih aktifitas olahraga dengan level yang ringan, seperti; jogging, senam, dll. Agar tidak memicu terjadinya dehidrasi dan kelelahan yang berlebihan hingga membuat Anda malah batal puasa

Konsumsi suplemen

Suplemen dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang mungkin tidak dapat terpenuhi dengan baik saat berpuasa. Apalagi bagi vegetarian yang notabene tidak mengkonsumsi protein hewani, butuh suplemen Sangobion Kapsul untuk memenuhi kebutuhan zat besi. (Risma)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


1 + = 5

risma