11:03 pm - Friday 25 July 2014
Advertisement

Prediksi Titik Kemacetan Musim Mudik 2013

By risma - Sun Jul 21, 8:32 pm

mudik panturaJakartakita.com: Momen lebaran tidak bisa dipisahkan dengan mudik yang sudah menjadi ritual tahunan. Jutaan manusia rela bermacet-macet ria melakukan perjalanan mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Bagi Anda yang ingin mudik tahun ini mesti siap-siap. Kemacetan parah bisa saja terjadi, apalagi perbaikan jalan masih dilakukan di jalur Pantura dan jalur selatan. Berikut adalah sejumlah titik mudik yang harus Anda waspadai:

  • Di Gerbang Tol Cikampek macet parah diperkirakan sekitar H-2 dan H-1. Macet terjadi di Antrean Simpang Cikampek, Simpang Jomin, dan banyak SPBU serta tempat istirahat. Meski sudah ada fly over yang dibangun untuk menuju Pasar Cikampek, lalu lintas di Simpang Jomin selalu padat. Terminal bayangan alias angkot yang berhenti sembarangan juga menjadi penyebab kemacetan.
  • Pasar Ciasem. Pasar yang terletak di Jalur Pantura, Subang, ini merupakan daerah yang macet. Pasar tumpah yang memakan badan jalan merupakan penyebabnya. Meski pada pelaksanaan mudik pasar tumpah dilarang, namun kemacetan kerap terjadi. Sekitar 1 Km sebelum Pasar Ciasem terdapat sebuah pertigaan yang bernama Cikalong. Pertigaan itu merupakan titik temu kendaraan roda dua dari Jakarta (via Karawang) yang akan menuju Pantura. SPBU di sekitar Ciasem juga menjadi penyebab macet saat mudik Lebaran. Para pengendara motor biasanya mengular di SPBU hingga menutup satu badan jalan.
  • Pasar Patrol. Pasar yang terletak di jalur Pantura Indramayu ini menjadi langganan macet karena pasar tumpah yang menutup satu badan jalan. Pejalan kaki dan angkot yang berhenti sembarangan juga menjadi penyebab utama macet di pasar ini. Biasanya jelang Lebaran, petugas lapangan melakukan contra flow di daerah ini, tapi tingginya volume kendaraan membuat contra flow tidak berjalan maksimal.
  • Jembatan Kali Menir. Jembatan ini berada di Eretan, Indramayu, Jawa Barat. Letaknya sekitar 10 sampai 15 Km dari Pasar Patrol. Kemacetan di lokasi ini lebih diakibatkan karena penyempitan 3 lajur menjadi 2 lajur. Saat ini, jembatan di daerah tersebut tepatnya yang mengarah ke Kota Indramayu, sedang direnovasi dari model kerangka baja menjadi model beton.
  • Di ruas Jalan Sadang macet parah diperkirakan H-2 dan H-1. Macet dikarenakan ruas jalan kecil, banyak akses, pengalihan arus dari Pantura.
  • Di Simpang Gadog sampai Puncak macet diperkirakan H+1.
  • ┬áDi Nagrek macet diperkirakan H-2. Macet karena perlintasan kereta api, lalu pertemuan arus di persimpangan sebidang.

(Dephub/Risma)

Follow Jakartakita.Com - Jakarta Kita on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS



Leave a Reply


+ 7 = 8

risma