Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Bijak Alokasi THR

0 698

THRJakartakita.com: Lebaran tinggal menghitung hari. Tunjangan Hari Raya (THR) sudah di tangan. Sudahkah Anda membuat rencana, kemana THR Anda akan dialokasikan?

Ingat setelah hari lebaran masih Anda hari-hari lain yang perlu dibiayai. Jangan sampai setelah lebaran, keuangan Anda tiris karena salah mengalokasikan uang THR.

Berikut adalah sejumlah tips agar Anda bisa mengalokasikan uang THR dengan bijak:

Related Posts
1 daripada 67
  • Langsung sisihkan untuk ditabung. Sebelum dipakai untuk beli macam-macam, sisihkan dulu untuk ditabung. Jumlahnya sekitar 10%-30% dari jumlah THR yang kita dapat.
  • Zakat, Infaq, dan Sadaqah. Prioritas pengeluaran selanjutnya adalah untuk zakat mal dan zakat fitrah. Sementara itu, infak dan sedekah memang tidak wajib, namun sangat dianjurkan. Cantumkan pula nama-nama saudara atau orang yang berhak menerima cipratan THR berikut nilai nominalnya. Hal ini akan membantu Anda dalam menyiapkan dananya.
  • Hutang. Bayarlah hutang Anda sebelum uang THR digunakan untuk yang lainnya.
  • THR. Jangan lupa bayarkan THR pembantu, supir, baby sitter dan lain sebagainya jika Anda.
  • Belanja makanan & minuman. Gunakan sebagian uang THR untuk membeli makanan & minuman yang menjadi jamuan saat lebaran.
  • Belanja pakaian dan perlengkapan ibadah. Tradisi lebaran tak dapat dipisahkan dengan tradisi untuk tampil istimewa di hari raya dengan pakaian terbaik. Tak harus baru, memang. Namun jika ada uang, tidak ada salahnya untuk belanja pakaian dan perlengkapan ibadah yang baru.
  • Mudik. Buat yang mudik, THR bisa menjadi sumber dana yang bisa digunakan. Jika Anda pulang mudik, maka pos pengeluaran belanja makanan & minuman untuk jamuan lebaran bisa ditiadakan. Sebaiknya, mudik direncanakan jauh hari sebelum lebaran agar kita bisa menyisihkan uang sebagai uang mudik dan tidak hanya mengandalkan THR. Apalagi, jika Anda berencana mengajak keluarga untuk mudik. Sudah pasti Anda harus memikirkan budget untuk akomodasi dan transportasi selama mudik.
  • Lain-lain. Bagi Anda yang berencana untuk berlebaran di rumah saja, maka uang THR bisa dialokasikan untuk mempercantik tampilan rumah. Misalnya dengan mengecat ulang, menata ulang interior rumah, bahkan merenovasi rumah.

Nah, setelah uang THR Anda dikelompokan berdasarkan pos masing-masing. Kini saatnya berbelanja. Siapkan selalu neurobion tablet putih untuk mengatasi pegal-pegal setelah seharian berbelanja kebutuhan lebaran. (Risma)

Tinggalkan komen