Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Pilah-pilih Rute Alternatif Saat Mudik

31

doc: republika
doc: republika

Jakartakita.com: Mudik sudah menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia menyambut lebaran. Makanya tak mengherankan bila jalanan ibukota terlihat lengang saat musim lebaran dan jalanan penghubung luar kota menjadi padat dipenuhi para pemudik. Boleh jadi rute yang biasa Anda lewati menuju kampung halaman menjadi penuh sesak. Kalau sudah begini, Anda perlu mencari rute alternatif menuju kampung halaman.

Berikut adalah sejumlah tips agar Anda tidak keliru dalam memilih rute alternatif saat mudik:

·         Pilihlah rute yang paling dekat dan familiar Anda lewati. Sehingga Anda yakin kondisi dan situasinya.

·         Pilih jalur alternatif yang Anda ketahui benar. Jangan coba-coba mencari rute alternatif sendiri, bisa-bisa Anda malah ‘nyasar’ dan beresiko mengalami tindak kejahatan di rute alternatif yang sepi. Jika terpaksa harus memilih rute alternatif yang lebih jauh karena terjebak kemacetan, sebaiknya ada orang lain di mobil Anda yang mengetahui jalur tersebut. Atau Anda berkonvoi dengan kendaraan lain yang tahu persis jalur alternatif tersebut. Kalau perlu siapkan neurobion tablet putih untuk mengatasi pegal-pegal saat berkendara.

·         Gunakan GPS. Lengkapi diri Anda dengan kompas atau GPS. Banyak aplikasi GPS map yang bisa diunduh gratis di smartphone Anda.

·         Waspada terhadap kondisi jalan rusak/berlubang.  Jalan yang tahun sebelumnya mulus, belum tentu kondisinya akan sama persis tahun ini. Maka tetap waspadalah.

·         Patuhi rambu-rambu lalu-lintas. Perhatikan juga apabila ada rambu yang menunjukan perbaikan jalan. Sesuaikan kecepatan dengan rambu yang tertera di jalan.

·         Jangan ragu untuk menyalakan lampu jauh saat melewati jalan gelap dan sepi. Hal ini bisa mengurangi niat pelaku kejahatan dan juga memberikan sugesti rasa aman dalam diri kita.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: