Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Mudik? Jangan Lupa Bawa Bekal Ini!

35

doc: simplify101.com

Jakartakita.com:Jakarta – Sudah mulai berkemas untuk mudik? Jika masalah transportasi sudah beres. Ada baiknya  mulailah bersiap-siap dengan bekal makanan dan minuman yang cukup. Makanan  dan minuman apa saja yang sebaiknya dibawa?

Mudik memang sudah menjadi bagian dari kalender kegiatan keluarga. Mungkin dalam hari-hari ini Anda sudah bersiap untuk pulang kampung. Jalanan padat, macet, perjalanan yang lama tentu memerlukan kesiapan fisik dan mental. Terlebih jika Anda memilih jalan darat mengendarai mobil dan membawa anak-anak.

Jika urusan kendaraan sudah pasti dan siap, kini giliran Anda menyiapkan semua perbekalan untuk perjalanan. Dalam menyiapkan bekal makanan selama perjalanan ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

Lama Perjalanan: Sebelum berangkat perkirakan lamanya perjalanan yang di hari-hari mudik perlu ditambahkan beberapa jam karena kondisi jalan yang padat dan macet. Dengan perkiraan waktu ini, miasalnya 8 jam, perhitungkanlah konsumsi makanan yang harus Anda persiapkan. Di sepanjang jalan memang banyak warung makan, restoran dan rest area tetapi perhitungkan bahwa di saat mudik pasti akan terjadi antrean atau makanan habis. Jadi, tak ada salahnya siapkanlah bekal yang cukup. Dengan bekal ini Anda bisa tetap berbuka puasa di tepi jalan sekalipun.

Makanan : Pilihlah jenis makanan yang tahan lama dan tetap enak saat dingin. Jika ada bisa dipakai termos nasi agar tetap hangat. Lauk-pauk dan nasi bisa disiapkan dalam wadah terpisah. Lauk kering seperti rendang daging, empal, tumis sayuran, perkedel bisa jadi pilihan.Khusus untuk anak-anak, siapkanlah aneka snack, susu dan camilan lain yang disukainya. Makanan bisa dibeli di perjalanan tetapi lebih baik persiapkan bekal untuk situasi darurat seperti macet berkepanjangan atau rumah makan penuh sesak.

Minuman : Jangan membawa bekal minuman bersoda, minuman pambangkit stamina dan yang mengandung kafein untuk diminum di perjalanan apalagi jika harus menyetir. Minuman ini akan membuat kondisi lambung kurang nyaman karena terlalu banyak gas. Cukup air putih atau air mineral atau jus buah segar yang lebih menyehatkan. Jika ada bisa dipakai cooler box untuk mendinginkan minuman yang bisa ditaruh di mobil. Jika membawa anak-anak jangan lupa termos berisi air panas yang cuckup, botol susu dan susu.

Snack : Hindari makanan gorengan seperti pisang goreng, tempe dan tahu goreng untuk camilan selama perjalanan. Selain susah dicerna makanan gorengan akan memicu rasa haus berlebihan. Sebaiknya sediakan camilan berupa roti, lemper, lontong atau biskuit. Lebih baik lagi jika membawa potongan buah segar sebagai camilan. Karena buah memberi pasokan air dan mineral terutama saat berbuka puasa di jalan.

Perlengkapan: Perlengkapan lain yang meskipun terlhat sepele perlu Anda persiapkan di dalam mobil atau bekal perjalanan:

  • Tissue kertas dan basah
  • Kantong plastik dan tas plastik untuk wadah sampah dan baju kotor
  • Permen yang rasanya segar (untuk pencuci mulut setelah buka puasa)
  • Bantal dan selimut untuk si kecil
  • Mainan dan buku bacaan buat si kecil agar tidak bosan selama di  perjalanan
  • Air mineral yang cukup untuk minum, membilas muka dan tangan di saat darurat


Nah, jika semuanya sudah Anda persiapkan sejak berangkat, kondisi perjalanan yang padat dan macetpun tak akan membuat Anda kesulitan. Puasa pun tetap bisa berjalan dan perjalanan bersama keluarga jadi nyaman dan lancar!. Selamat mudik!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: