Info Jakarta - Semua Tentang Jakarta

Tips Terbebas dari Hutang Kartu Kredit

29

Credit Card / Gold & PlatinumJakartakita.com: Di zaman modern seperti sekarang ini, keberadaan kartu kredit menjadi sesuatu yang lazim digunakan untuk memudahkan transaksi. Asalkan kita bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak. Biar bagaimanapun kartu kredit bukanlah ‘uang kita’. Bank penyedia kartu kredit hanya memberikan kemudahan pembayaran dengan jangka waktu. Dan kita mempunyai kewajiban untuk membayarnya sesuai jangka waktu kalau tidak ingin mendapat sangsi. 

Nah, bagaimana jika Anda sudah terlanjur terlena dengan kartu kredit hingga Anda terlilit hutang? Berikut adalah tips yang dilansir dari credit.com agar Anda terbebas dari hutang kartu kredit:

  1. Buat list hutang kartu kredit. Jika kartu kredit Anda lebih dari 1, yang harus Anda lakukan pertama adalah kumpulkan semua informasi tagihan kartu kredit Anda. Hubungi bank penyedia kartu kredit Anda untuk informasi lengkap. Pastikan Anda tahu semua jumlah hutang, minimum payment, bunga, tanggal jatuh tempo, dan lain sebagainya.
  2. Buat prioritas pembayaran. Setelah mengumpulkan semua informasi, yang Anda lakukan adalah membuat prioritas pembayaran. Anda bisa memilih untuk melunasi kartu kredit dengan jumlah hutang terkecil, atau kartu kredit dengan tingkat suku bunga tertinggi.
  3. Transfer balance. Tanyakan bank penyedia kartu kredit Anda tentang kemungkinan menyatukan semua hutang Anda dalam satu kartu dengan transfer balance, sehingga Anda bisa menutup kartu-kartu lainnya. Pilih kartu ‘penyelamat’ yang memiliki banyak  kemudahan pembayaran, seperti; tingkat suku bunga yang rendah. Lebih mudah membayar hutang 1 kartu ketimbang banyak kartu.
  4. Mencari uang tambahan. Jika Anda merasa tidak punya cukup uang untuk melunasi semua hutang kartu kredit Anda. Teliti kembali pola pengeluaran Anda. Kurangi pengeluaran yang tidak penting, misal; hentikan keanggotaan gym ternama karena Anda masih bisa jogging sendiri, atau hentikan kebiasaan hang out. Jika uang Anda masih kurang, carilah penghasilan tambahan dengan bekerja double. Kalau perlu konsumsi Neurobion Tablet putih untuk mengatasi pegal-pegal, kram dan kesemutan akibat bekerja sepanjang hari demi melunasi hutang kartu kredit.
  5. Jangan gunakan kartu kredit. Selagi Anda dalam proses membayar hutang kartu kredit yang mencekik leher. Ada baiknya Anda ‘puasa’ menggunakan kartu kredit. Biasakan untuk membeli barang dengan uang tunai. Dengan begitu Anda terbiasa mengukur kemampuan Anda.

(Risma)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: